Selasa 19 May 2020 03:41 WIB

13 Destinasi Islam yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Dengan kunjungan virtual, pengunjung bisa melihat secara detail destinasi wisata.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Danau Balikligol di provinsi Sanliurfa di tenggara Turki dianggap sakral selama ribuan tahun. Tempat ini diyakini menjadi tempat di mana Nabi Ibrahim dimasukkan ke dalam api. Lokasi ini menjadi destinasi wisata Islam yang bisa dikunjungi virtual.
Foto:

Kuil Imam Ali

Kuil Imam Ali terletak di Najaf, Irak. Kuil ini menjadi tempat pemakaman Ali bin Abi Thalib, yang merupakan khalifah keempat sekaligus menantu dan putra dari paman Nabi Muhammad SAW. Tempat ini juga diyakini menjadi tempat makam Nabi Adam, Hawa dan Nabi Nuh.

photo
Kuil Imam Ali menjadi tempat pemakaman Ali bin Abi Thalib. Kuil Imam Ali terletak di Najaf, Irak. - (Daily Sabah)

Masjid Sultan Eyup

Masjid ini adalah salah satu tempat paling suci di Istanbul, Turki. Di taman masjid tersebut, terdapat makam Abu Ayyub al-Ansari, salah satu Muslim pertama yang menjamu Nabi Muhammad di rumahnya dan berperang di sisinya. Sultan-sultan Ottoman (utsmaniyah) diketahui biasa mengunjungi dan menyandang tempat suci ini sebelum memulai kampanye militer.

Masjid Selimiye

Kunjungan virtual ke Masjid Selimiye kini memungkinkan dilakukan selama bulan Ramadhan. Masjid yang terletak di kota perbatasan Turki di Edirne ini disebut oleh arsitek kekaisaran Mimar Sinan sebagai 'mahakarya'. Anda dapat melihat halaman, lantai dan semua bagian masjid secara detail seolah anda benar-benar ada di sana. Selama kunjungan virtual itu, Anda bahkan bisa mengunjungi Kompleks Museum Kesehatan Sultan Bayezid II.

Masjid Sultanahmet

Masjid ini merupakan masjid pertama di Turki dengan enam minaret (menara). Masjid Sultanahmet adalah salah satu landmark di Istanbul. Masjid ini juga dikenal sebagai Blue Mosque (Masjid Biru) karena memiliki lebih dari 20.000 ubin Iznik yang digunakan dalam pembangunannya. Anda dapat melihat halaman luar masjid dan semua bagian masjid secara detail pada tur virtual.

Masjid Agung Divrigi

Bangunan Masjid Agung Divrigi di pusat kota Sivas, Turki, termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Pembangunan masjid ini dimulai pada 1228. Masjid ini dibangun oleh Mengujekid Amir Ahmed Shah, sementara pusat medis (kompleks pengobatan) yang berdekatan diperintahkan dibangun oleh istrinya, Turan Melik.

Bangunan masjid ini memiliki ukiran dan arsitektur Seljuk yang sangat cantik dengan ukiran di bagian depan masjid dan dihias dengan bermacam-macam ornemen, flora dan kaligrafi.

photo
Masjid Suleymaniye di Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Utsmaniyah. - (Anadolu Agency)

Masjid Agung Bursa

Masjid yang menjadi salah satu simbol sejarah di provinsi barat Turki di Bursa ini dibangun oleh Sultan Bayezid I pada 1400. Masjid ini memiliki air mancur yang berukir kayu dan 20 struktur kubah. Anda dapat mengunjungi secara virtual masjid bersejarah di Bursa ini, yang pernah menjadi ibu kota kekaisaran Utsmaniyah.

Masjid Suleymaniye

Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Sulaiman Al-Qanuni (Suleyman Agung) dan dirancang oleh arsitek kekaisaran Mimar Sinan pada masa Dinasti Utsmaniyah. Masjid yang terletak di Istanbul, Turki, ini rampung dibangun dalam waktu tujuh tahun.

Lantai, akustik dan pencahayaan dari 32 jendelanya adalah detail terpenting yang menjadikan bangunan bersejarah ini istimewa. Prasasti di utara masjid diukir dalam tulisan arab atau kaligrafi Islam khat tsuluts pada tiga marmer bertuliskan 1550 dan peresmian tahun 1557. Masjid ini juga memiliki empat menara, yang merujuk pada Suleiman yang Agung yang juga merupakan sultan keempat setelah penaklukan Istanbul, dan 10 balkon (serefe) karena ia adalah sultan Ottoman ke-10.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement