Jumat 19 Jun 2020 20:36 WIB

Akhirnya, 1.560 Masjid di Makkah Dibuka Kembali

Masjid di Makkah akan mulai menerima jamaah sholat subuh, Ahad ini.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Akhirnya, 1.560 Masjid di Makkah Dibuka Kembali. Jamaah Masjid Al Mirabi mengenakan sarung tangan medis untuk menghindari wabah Covid-19, di Jeddah, Arab Saudi.
Foto: AP/Amr Nabil
Akhirnya, 1.560 Masjid di Makkah Dibuka Kembali. Jamaah Masjid Al Mirabi mengenakan sarung tangan medis untuk menghindari wabah Covid-19, di Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sekitar 1.560 masjid di Makkah, baik yang kecil maupun besar akan dibuka kembali untuk menerima jamaah mulai dari sholat subuh, Ahad (21/6). Pembukaan masjid ini menjadi yang pertama kali dilakukan setelah sebelumnya dilakukan kebijakan penutupan aktivitas masjid selama 90 hari lebih untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19).  

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (19/6), cabang Kementerian Urusan Islam di Provinsi Makkah telah menyiapkan semua masjid dan masjid besar, dengan syarat semua langkah pencegahan dan protokol kesehatan masjid diterapkan. Seperti karpet sajadah sekali pakai, penerapan jarak antar shaf yang aman, serta mematuhi jarak sosial wajib antara jamaah. 

Baca Juga

Sejumlah sukarelawan berpartisipasi dalam inisiatif menyiapkan masjid bagi jamaah di distrik dan lingkungan Makkah. Hal itu sejalan dengan langkah-langkah pencegahan dan pencegahan dan arahan yang ditetapkan oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan dan Kementerian Kesehatan. 

Direktur Eksekutif Pusat Distrik Azizia di Makkah, Ibrahim Melli, mengatakan inisiatif ini bertujuan mempersiapkan masjid di Makkah menerima jamaah dan menempatkan stiker jarak. Hal ini berkontribusi mendidik jamaah tentang kontrol dan kondisi keselamatan, selama dimulainya kembali doa bersama dan sholat berjamaah di masjid-masjid. 

Sementara itu, atas nama Badan Layanan, Administrasi Umum untuk Layanan Sosial, Administrasi Sukarelawan Kota bekerja sama dengan cabang Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan di Provinsi Makkah telah melakukan pekerjaan implementasi tindakan pencegahan. Menurutnya, hal tersebut termasuk menempatkan stiker di karpet untuk memastikan jarak sosial wajib antara jamaah dan mengumpulkan salinan Alquran dari rak. Semua ini berada dalam lingkup program terpadu untuk memastikan implementasi tindakan pencegahan dan pencegahan untuk mengekang penyebaran virus Covid-19.

Sumber: https://saudigazette.com.sa/article/594455/SAUDI-ARABIA/Over-1500-mosques-in-Makkah-to-receive-worshipers-on-Sunday-dawn

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement