Jumat 24 Jul 2020 22:47 WIB

Pemkot Cirebon Terjunkan Tim untuk Pastikan Qurban Sehat

Hewan yang telah diperiksa dan sesuai aturan, maka di berikan label sehat.

Pemkot Cirebon Terjunkan Tim untuk Pastikan Qurban Sehat (ilustrasi).
Foto: Antara/Arnas Padda
Pemkot Cirebon Terjunkan Tim untuk Pastikan Qurban Sehat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) menerjunkan 30 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan qurban dalam rangka memastikan semua sehat dan layak dikonsumsi.

"Kita melibatkan 30 petugas yang disebar di lima kecamatan untuk melakukan pengecekan hewan qurban," kata Kabid Peternakan dan Pertanian DPPKP Kota Cirebon Iin Inayati di Cirebon, Jumat (24/7).

Dia mengatakan pemeriksaan hewan qurban sudah dilakukan sejak Kamis (23/7) dengan melibatkan 30 petugas yang disebar di lima kecamatan. Petugas tersebut kata Inayati, tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 saat pemeriksaan hewan qurban.

Untuk hewan yang telah diperiksa dan sesuai aturan, maka di berikan label sehat dan ini merupakan jaminan bagi masyarakat bahwa hewan tersebut layak dikonsumsi dan sesuai syariat Islam.

 

"Kita berikan label sehat, jadi ketika mau membeli, beli lah yang sudah ada labelnya," tuturnya.

Pemeriksaan kesehatan hewan qurban itu kata Inayati, tidak hanya dilakukan sebelum Idul Adha, namun petugas akan kembali memeriksa kesehatan hewan, utamanya bagian organ hewan pada saat penyembelihan.

Untuk penyembelihan hewan qurban pada masa pandemi ini, pihaknya telah mengimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak melakukan penyembelihan dalam sehari sekaligus.

"Kita mengikuti pedoman dari Kementan, SK Gubernur Jabar dan SE wali kota terkait pelaksanaan penyembelihan qurban. Penyembelihan tak boleh ditumpuk saat hari H, dilakukan juga saat tasyrik. Kemudian, tak boleh ada kerumunan," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement