Kamis 30 Jul 2020 15:13 WIB

Hujan Terjadi Sepanjang Pergantian Kiswah Kabah

Para petugas penggantian Kiswah terlihat berjibaku dengan derasnya hujan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Penggantian kain kiswah.
Foto: saudigazette
Penggantian kain kiswah.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Kota Makkah, Arab Saudi diguyur hujan pada Kamis (30/7) dini hari hingga pagi ini. Turunnya hujan bersamaan dengan prosesi pergantian kiswah Kabah di Masjidil Haram.

Berdasarkan pantauan di Twitter Haramain Sharifain, pergantian Kiswah mulai dilakukan sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Terlihat dalam video yang diposting Haramain, ada puluhan orang yang melakukan penggantian Kiswah dibantu tangga hidrolik.

Kiswah terlihat indah berwarna hitam hasil kain sutra kualitas terbaik dan dihiasi kaligrafi jahitan benang emas. Orang-orang di sekitar Kabah terlihat antusias menyaksikan proses ini.

Lalu sekitar pukul 02.30 waktu setempat, turun hujan di Mekkah. Bahkan di Mina dapat terpantau kilatan petir di langit. Sedangkan di Arafah hanya hujan berintensitas cukup deras.

Seiring berjalannya waktu, hujan turun makin deras di Mekkah. Para petugas penggantian Kiswah terlihat berjibaku dengan derasnya hujan. Namun hal itu tak menghentikan mereka mengerjakan tugas mulia itu.

Diketahui, jamaah haji bertolak ke Jamarat untuk melontar Jumrah Aqabah pada 31 Juli pagi. Selesai ibadah itu, jamaah menuju Masjidil Haram untuk Thawaf Ifadlah. Kemudian jamaah ke Mina untuk menginap (mabit) selama hari Tasyriq. Barulah Thawaf Wada' dilakukan pada 2 Agustus untuk selanjutnya jemaah meninggalkan Makkah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement