Senin 21 Sep 2020 11:36 WIB

Bagaimana Nazi Merayu Dunia Islam Selama Perang Dunia II

Nasib malang Palestina ketika derita Yahudi dibebankan Eropa kepadanya.

Salah satu legiun Muslim yang ikut sebagai tentara Jerman pada perang dunia II. Keikutsertaan mereka karena ingin membebaskan negaranya dari kolonial barat. Tapi ketika Jerman kalah,
Foto: dw.com
Salah satu legiun Muslim yang ikut sebagai tentara Jerman pada perang dunia II. Keikutsertaan mereka karena ingin membebaskan negaranya dari kolonial barat. Tapi ketika Jerman kalah,

REPUBLIKA.CO.ID, -- Kalau menyusuri nasib malang bangsa Palestina yang tanahnya dianeksasi Israel memang tak bisa lepas dari kekalahan Jerman pada Perang Dunia II. Kala itu memang Muslim banyak memihak Jerman karena mereka ingin terbebas dari penjajahan barat (Inggris, Prancis, Italia, dan lainnya).

Mereka kala itu merasa hanya kekuatan Jerman bisa dipakai sebagai cara mengusir pergi kolonial barat. Ini terjadi di banyak wilayah, misalnya di Afrika bagian tengah Utara, hingga semenanjung Balkan.

Posisi wilayah negara yang warganya beragama Islam saat itu mulai tersudut seiring dengan hancurnya Kesultanan Ottoman oleh Barat. Mereka sudah lama menyebut Ottoman sebagai layaknya orang sakit dari timur. Setelah Ottoman mereka 'sikat' wilayhnya, kini mereka cabik dengan lusinan negara seperti yang kita lihat dalam peta dunia sekarang.

Dan, kemudian memuncak usai perang dunia II di mana sekutu selaku pemenang perang dengan dipelopori oleh Inggris, menunjuk Palestina sebagai Tanah Air bagi bangsa Yahudi yang selaa ini hidup dalam diaspora. Di sini orang sering mengatakan, yang punya dosa kepada umat Yahudi adalah orang barat, tapi imbasnya dibebankan kepada Palestina. Pertanyaan ini sampai kini makin menggantung, sebab pada awalnya Amerika Latin sempat ditunjuk sebagai lahan tanahnya orang Yahudi.

Untuk memahami mengapa banyak Muslim para waktu Jerman berperang dengan barat memihaknya, kiranya ada artikel menarik berupa wawancara yang dimuat di dw.com. Judul artikel ini 'How Nazis courted the Islamic world during WWII' (Bagaimana Nazi merayu dunia Islam selama Perang Dunia II). Wawancara ini dilakukan dengan penulis buku 'Islam and NAzi Germany's War, David Motadel.

Begini wawancara itu selengkapnya:

-------------

DW: Dalam buku Anda, "Islam and Nazi Germany's War," Anda menulis tentang kebijakan Nazi terhadap entitas politik Islam. Seperti apa kebijakan ini?

David Motadel: Pada puncak perang tahun 1941-1942, ketika pasukan Jerman memasuki wilayah berpenduduk Muslim di Balkan, Afrika Utara, Krimea, dan Kaukasus, dan mendekati Timur Tengah dan Asia Tengah, Berlin mulai melihat Islam sebagai signifikan secara politik. Nazi Jerman melakukan upaya signifikan untuk mempromosikan aliansi dengan "dunia Muslim" melawan musuh bersama mereka yang diduga - Kerajaan Inggris, Uni Soviet, Amerika dan Yahudi.

Di zona perang, Jerman terlibat dengan berbagai kebijakan agama dan propaganda untuk mempromosikan rezim Nazi sebagai pelindung Islam. Pada awal 1941, Wehrmacht mendistribusikan buku pedoman militer "Islam" untuk melatih tentaranya agar berperilaku benar terhadap populasi Muslim. Di Front timur, penjajah Nazi memerintahkan pembangunan kembali masjid, ruang sholat, dan madrasah - yang sebelumnya dihancurkan oleh Moskow - dan pembentukan kembali ritual dan perayaan keagamaan untuk melemahkan pemerintahan Soviet.

Otoritas militer Jerman juga melakukan upaya ekstensif untuk mengooptasi pejabat Islam. Para propagandis Jerman di wilayah timur, Balkan, dan Afrika Utara mencoba menggunakan retorika, kosa kata, dan ikonografi agama untuk memobilisasi umat Islam. Mereka memolitisasi teks-teks suci, seperti Alquran dan juga keharusan agama, terutama konsep jihad, untuk memicu kekerasan agama untuk tujuan politik.

Sejak 1941 dan seterusnya, tentara Wehrmacht Nazi dan SS paramiliter merekrut puluhan ribu Muslim, terutama untuk menyelamatkan darah Jerman. Tentara Muslim bertempur di semua lini. Pejabat militer Jerman memberikan rekrutan ini berbagai konsesi agama, bahkan mencabut larangan penyembelihan ritual, sebuah praktik yang telah dilarang karena alasan anti-Semit oleh Hukum Hitler untuk Perlindungan Hewan tahun 1933.

- Ada anggapan luas bahwa Muslim mendukung Rezim Nazi karena mereka memiliki perspektif anti-Semit. Inilah mengapa Nazi mencoba membuat Muslim di pihak rezim. Apa yang dapat Anda ceritakan tentang asumsi ini?

Di sisi pragmatis Jerman, kepentingan strategis menjadi kekuatan pendorong terpenting di balik kebijakan ini. Namun, dalam propagandanya, terutama di dunia Arab, tema anti-Semit memainkan peran penting. Propaganda anti-Semit sering dikaitkan dengan serangan terhadap migrasi Zionis ke Palestina yang muncul sebagai topik utama dalam wacana politik Arab.

Di sisi Muslim, orang tidak bisa menggeneralisasi. Beberapa sekutu Muslim rezim Nazi - yang paling penting Mufti Yerusalem yang terkenal - berbagi kebencian terhadap Yahudi Nazi. Di zona perang, di Balkan, di Afrika Utara, dan di wilayah Timur, gambarannya lebih rumit. Di banyak wilayah ini, Muslim dan Yahudi telah hidup bersama selama berabad-abad. Dan dalam beberapa kasus, Muslim sekarang akan membantu tetangga Yahudi mereka, misalnya menyembunyikan mereka dari Jerman.

Mufti of Jerusalem and Adolf Hitler talk together at a meeting in 1941 (picture-alliance/dpa/akg-images)

  • Keterangan foto: Mufti Yerusalem dan Adolf Hitler berbicara bersama pada pertemuan tahun 1941.

- Tujuan apa yang dikejar oleh rezim Nazi dengan upayanya untuk membujuk Muslim untuk bergabung dengan mereka dan apa yang diharapkan oleh para pemimpin Muslim yang simpatik?

Keterlibatan Reich Ketiga dengan Islam tidak hanya karena wilayah berpenduduk Muslim telah menjadi bagian dari zona perang, tetapi juga, yang lebih penting, dari tahun 1941 hingga 1942, situasi militer Jerman telah memburuk.

Di Uni Soviet, strategi Blitzkrieg Hitler telah gagal. Saat Wehrmacht berada di bawah tekanan, ahli strategi di Berlin mulai mencari koalisi perang yang lebih luas. Dengan demikian, menunjukkan pragmatisme yang luar biasa. Hubungan dengan Muslim adalah untuk menenangkan wilayah berpenduduk Muslim yang diduduki dan untuk memobilisasi Muslim untuk berperang di pihak tentara Hitler.

Banyak dari Muslim yang bekerja dengan rezim Nazi memiliki alasan pragmatis. Mereka percaya bahwa Nazi Jerman pada tahun 1941-1942 akan menang dan akan menentukan tatanan dunia masa depan dan bahwa Nazi dapat membantu mereka untuk dibebaskan dari, misalnya, pemerintahan kerajaan Inggris.

Motif para prajurit ini sangat bervariasi. Tentu saja beberapa rekrutan didorong oleh kebencian agama dan anti-Bolshevist, semangat ideologis. Secara keseluruhan, bagaimanapun, Muslim sering memiliki motif yang agak tidak sopan untuk mendaftar.

- Apakah Nazi benar-benar melihat Islam sebagai sesuatu yang secara inheren positif atau apakah Muslim hanyalah alat untuk mencapai tujuan?

Secara keseluruhan, saya pikir Muslim adalah alat untuk mencapai tujuan. Kebijakan Nazi terhadap Islam diinformasikan oleh pragmatisme. Beberapa pemimpin Nazi, terutama Adolf Hitler dan Heinrich Himmler, berulang kali mengungkapkan rasa hormat mereka terhadap Islam. Setiap kali mencela Gereja Katolik, Hitler secara rutin membandingkannya dengan Islam. Sementara dia mencela Katolik sebagai agama yang lemah dan feminin, dia memuji Islam sebagai agama yang kuat, agresif, dan perang. Secara keseluruhan, bagaimanapun, itu adalah pertimbangan strategis, bukan ideologi, yang menyebabkan kampanye Nazi Jerman untuk mobilisasi Islam.

- Bukankah rasisme Nazi merupakan hambatan utama untuk berkolaborasi dengan Muslim?

Hitler telah mendalilkan inferioritas ras orang-orang non-Eropa dalam "Mein Kampf". Namun, begitu berkuasa, pejabat Jerman menunjukkan diri mereka lebih pragmatis: Orang Turki non-Yahudi, orang Iran, dan Arab telah secara eksplisit dibebaskan dari diskriminasi rasial resmi pada tahun 1930-an, menyusul intervensi diplomatik dari pemerintah di Teheran, Ankara, dan Kairo . Dan selama perang, Jerman menunjukkan pragmatisme serupa. Muslim di mana-mana, jelas bagi setiap perwira Jerman, harus diperlakukan sebagai sekutu.

Realitas di lapangan sama sekali tidak langsung. Pada bulan-bulan pertama invasi Nazi ke Rusia, regu SS mengeksekusi ribuan Muslim dengan asumsi bahwa penyunatan mereka menunjukkan bahwa mereka adalah orang Yahudi. Akhirnya, Reinhard Heydrich, kepala petugas keamanan Nazi, mengirimkan arahan yang memperingatkan regu pelaksana satuan tugas untuk lebih berhati-hati.

Akan tetapi, di pinggiran selatan Uni Soviet, regu pembunuh Jerman masih kesulitan membedakan Muslim dari Yahudi. Selain itu, di Afrika Utara, Balkan, dan di Front Timur, tentara Jerman dihadapkan dengan populasi Muslim yang beragam, termasuk Muslim Roma dan Yahudi yang pindah agama ke Islam.

---------

Dr. David Motadel adalah Asisten Profesor Sejarah Internasional di London School of Economics and Political Science. Dia mengerjakan sejarah Eropa modern dan hubungan Eropa dengan dunia yang lebih luas. Pada 2017, Motadel dianugerahi Philip Leverhulme Prize for History.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement