Mesir Menemukan 27 Sarkofagus Berusia Lebih dari 2.500 Tahun

Rabu , 23 Sep 2020, 08:08 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Mumi berusia 2.300 tahun ditampilkan setelah ditemukan di piramida Sakkara di selatan Kairo, 3 Mei 2005
Mumi berusia 2.300 tahun ditampilkan setelah ditemukan di piramida Sakkara di selatan Kairo, 3 Mei 2005

REPUBLIKA.CO.ID,-- Para arkeolog di Mesir telah menemukan 27 sarkofagus (peti mati) di pekuburan kuno Saqqara, sebuah kuburan yang juga merupakan rumah bagi salah  satu piramida tertua di dunia. Hal ini dikatakan kementerian pariwisata dan peninggalan kebudayaan kuno, Mesir.

 

Terkait

Sarkofagus kayu itu dicat dengan hiasan dan ditutupi hieroglif. "Benda kuno ini  ditemukan ditumpuk di dua tiang pemakaman", kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seraya menyatakan bila peti kayu ini belum mereka buka.

Pekuburuan kuno Saqqara adalah situs warisan dunia UNESCO. Pada bulan Maret lalu, Mesir membuka kembali di situs Saqqara, Piramida yang disebut  Djoser’s Step, merupakan piramida pertama yang pernah dibangun pemerintahan Mesir saat ini, setelah perbaikan selama 14 tahun dengan biaya hampir 6,6 juta dolar AS.

Pada Juli lalu, Mesir memulai kembali penerbangan internasional dan membuka kembali tempat-tempat wisata utama termasuk Piramida Agung Giza setelah penutupan berbulan-bulan karena pandemi virus corona.

Namun, meskipun telah dibuka kembali dan jaminan keselamatan yang terus berlanjut bagi wisatawan internasional, banyak yang mengakui bahwa musim dingin utama yang dimulai pada bulan Oktober akan menjadi sulit, yang semakin membebani perekonomian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini