Rabu 14 Oct 2020 23:00 WIB

PermataBank Syariah Penetrasi Perbankan di Dunia Pendidikan

Pertumbuhan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia terus meningkat.

Rep: Novita Intan/ Red: Muhammad Fakhruddin
PermataBank Syariah Penetrasi Perbankan di Dunia Pendidikan. Permata Bank Syariah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
PermataBank Syariah Penetrasi Perbankan di Dunia Pendidikan. Permata Bank Syariah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA-- PermataBank Syariah dan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Indonesia (YPI Al-Azhar Indonesia) menjalin kerja sama yang bertujuan meningkatkan penetrasi perbankan syariah di dunia pendidikan. Adapun kerja sama ini sudah terjalin baik sejak 2017, sehingga meyakinkan kedua belah pihak untuk memperluas kerja sama meliputi area bisnis perbankan, pendidikan, dan juga sosial. 

Direktur PermataBank Syariah Herwin Bustaman mengatakan sisi inovasi perusahaan telah mempersiapkan produk perbankan Syariah modern dan inovatif, seperti PermataMobile X, PermataNet, fitur API, Virtual Account, Permata e-Business, guna menyediakan berbagai fasilitas perbankan digital yang lengkap, aman, dan terpercaya. 

“Melalui kerja sama ini saya harapkan semakin banyak lagi nasabah perbankan syariah yang bisa mendapatkan kemudahan dan keamanan bertransaksi melalui inovasi yang kami miliki, dimulai dengan anggota komunitas & ekosistem YPI Al-Azhar Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tulis, Rabu (14/10).

Berdasarkan data statistik perbankan syariah OJK per Desember 2019, pertumbuhan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, dibuktikan dengan rata-rata pertumbuhan aset syariah sejak 2017 hingga 2019 sebanyak 14 persen, angka ini jauh lebih besar dibanding pertumbuhan perbankan konvensional sebesar delapan persen. 

Sedangkan pertumbuhan perbankan syariah pada masa pandemi Covid-19 juga masih jauh lebih baik 10 persen per Juli 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sedangkan perbankan konvensional tumbuh hanya 5,7 persen. Fenomena ini dirasakan pula oleh PermataBank Syariah yang mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 226 miliar pada Juni 2020 atau tumbuh hampir 52 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Oleh karena itu, PermataBank Syariah berupaya melakukan inovasi demi menghadirkan pelayanan perbankan Syariah yang lebih relevan, terjangkau dan mempermudah masyarakat Indonesia dalam bertransaksi perbankan. PermataBank Syariah pun berupaya mewujudkan visi tersebut dengan menggandeng YPI Al-Azhar Indonesia sebagai salah satu institusi pendidikan muslim terbesar dan terbaik di Indonesia dengan komunitas dan ekosistemnya yang luas. 

Sementara Ketua Umum YPI Al-Azhar Indonesia Sobirin menyambut baik dan mengaku optimis dengan kerja sama ini. Kepercayaan yang diberikan PermataBank Syariah akan memberi dampak positif terhadap komunitas YPI Al-Azhar serta masyarakat sekitar. 

“Kolaborasi ini merupakan bukti komitmen PermataBank Syariah yang sudah terbukti mampu menggarap berbagai segmen perbankan mulai dari korporasi, komersial, SME, dan ritel untuk memajukan produk jasa keuangan syariah yang handal dan profesional, serta ikut andil dalam memajukan pendidikan Indonesia,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement