Sabtu 17 Oct 2020 13:01 WIB

Al-Musma Situs Terbaik di Arab Saudi untuk Melihat Bintang

Al-Musma adalah pegunungan yang dikelilingi pasir, prasasti, dan landmark bersejarah.

Situs kuno Ak Musma di Hail Arab Saudi
Foto: Al Arabiya
Situs kuno Ak Musma di Hail Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, Melancong ke Al-Musma, Situs Peninggalan Sejarah Terbaik Saudi

HAIL-- Di Arab Saudi memang banyak peninggalan situs kuno. Saah satu yang terbaik itu berada di pegunungan Al-Musma yang berada di Hail. Situs kuno ini terkenal karena keindahan ukirannya.

Sejak zaman dahulu pegunungan Al-Musma disebut dalam salah satu Mahjar, yang artinya pegunungan yang dikelilingi pasir, prasasti, dan landmark bersejarah. Bentuk pegunungan ini juga bisa dibilang unik dan tidak biasa. Alhasil banyak pelancang dari dalam dan luar negeri selalu tertarik pergi ke sana. .

Selain itu, Al-Musma juga digambarkan sebagai salah satu tempat terbaik Arab Saudi untuk melihat bintang. Area ini juga menjadi tujuan populer bagi fotografer amatir dan profesional untuk mendapatkan gambar yang bernilai artistik tinggi.

Banyak pelancong Eropa terkemuka sempat mengunjunginya. Mereka antara lain Louis Uting dari Jerman, penjelajah Prancis Charles Huber pada 1884, Gertro Debel dari Inggris, Louis Mussel dari Cekoslowakia, petualang Inggris Charles Doughty pada 1845, dan pekerja harian Italia Carlo Guarmani pada tahun 1860.

Perjalanan Uting dan Huber mendokumentasikan sejumlah prasasti Arab dan Nabataean, serta gambar hewan primitif di Al-Musma juga semakin mendongkrak popularitas tempat ini. Saat ini, Al-Musma merupakan magnet bagi pejalan kaki dan menjadi tuan rumah bagi banyak kegiatan rekreasi dan olahraga lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement