KJRI Jeddah Pantau Persiapan Tahap Tiga Umroh

Rabu , 21 Oct 2020, 19:46 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
KJRI Jeddah Pantau Persiapan Tahap Tiga Umroh (ilustrasi)
KJRI Jeddah Pantau Persiapan Tahap Tiga Umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan pihaknya tidak dilibatkan dalam persiapan teknis menyambut pembukaan umroh tahap tiga. Karena itu, Endang mengaku hanya akan memantau dari jauh persiapan umroh tahap tiga yang akan dilaksanakan pada 1 November 2020 nanti.

 

Terkait

"Persiapan dalam Teknis kita tidak terlibat langsung, akan tetapi kita selaku Perwakilan secara pemantauan tidak langsung. Kita tidak bisa On the Spot," ujar Endang dalam pesan teks, Rabu (21/10).

Menurut Endang, meskipun umroh tahap tiga akan dibuka pada 1 November, namun belum ada tanda-tanda maupun pernyataan resmi dari kerajaan terkait pembukaan umroh untuk jamaah dari luar Saudi. Termasuk, negara-negara mana saja yang diizinkan mengirimkan jamaahnya ke Saudi di masa Pandemi. "Belum ada statement resmi negara mana saja," kata Endang.

Yang perlu dikatahui kata dia, bahwa jamaah umroh di masa pandemi ini tidak diizinkan ada prasmanan di hotel. Serta kamar hotel pun hanya boleh diisi oleh dua orang tidak lebih.

"Untuk protolol kesehatan sudah di edarkan antara lain, tidak boleh ada layanan prasmanan atau buffeh untuk jemaah umroh pada setiap hotelnya, kamar di isi dua orang, jarak antar kasur dua meter dan tentunya test PCR (negatif Covid-19)," kata dia.

Tahap pertama umrah telah dibuka pada  4 Oktober 2020 dengan kapasitas 30 persen atau 6.000 jemaah per hari di area Masjidil Haram Mekkah. Sedangkan tahap kedua sudah dibuka pada 18 Oktober 2020 dengan kapasitas 220.000 75 persen atau 15.000 jamaah. 

Pada tahap kedua ini, bukan hanya jamaah umroh namun masyarakat Saudi juga telah diizinkan mengunjungi Rawdah di Masjid Nabawi di Madinah, serta melaksanakan shalat di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi. Tentu saja, mereka tidak bisa datang langsung ke masjid namun harus mendaftar lebih dulu melalui aplikasi Eatmarna.

Bila berdasarkan rencana awal, Arab Saudi akan membuka tahap ketiga umroh pada 1 November 2020. Pada tahap ini, jamaah dari luar negeri secara bertahap akan diizinkan untuk melaksanakan umroh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini