Senin 26 Oct 2020 08:58 WIB

JK Laksanakan Umroh di Tengah Pandemi

Arab Saudi memastikan JK melaksanakan umroh.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
JK Laksanakan Umroh di Tengah Pandemi. Foto: Umroh (ilustrasi)
Foto: Tourandtravel
JK Laksanakan Umroh di Tengah Pandemi. Foto: Umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH--Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) bersama Ketua Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam Syafruddin mendapat kesempatan melaksanakan ibadah umroh. Dalam keterangan yang diterima, Senin (26/6) pihak Kerajaan Arab Saudi memberi kepastian JK dapat beribadah Umroh di tengah pandemi Covid-19 dari Sekjen Liga Dunia Islam, Muhammad Abdul Karim Al Issa, saat mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Ahad (25/10) petang.

Sehari sebelumnya, pada Sabtu (24/10) malam JK dan delegasi Yayasan Museum Rasulullah SAW dan Peradaban Islam melakukan Penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Gedung Pameran dan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam yang akan dibangun di Indonesia dengan Pihak Liga Dunia Islam di Riyadh, Ibukota Kerajaan Saudi Arabia.

Baca Juga

Baru pada Ahad, seluruh rombongan sebelum menuju Masjidi Haram Makkah Al Mukkaramah, melakukan miqat dan niat umroh di Jeddah. Sesampainya di pelataran Masjidil Haram, seluruh rombongan memperlihatkan barcode yang ada di dalam gadget setiap anggota rombongan ketika selesai mengisi aplikasi “Tawakkhalna”.

Dalam Aplikasi tersebut setiap jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh wajib melampirkan hasil tes swab pcr 48 jam sebelum melaksanakan umroh. Rombongan jamaah lalu melaksanakan ibadah umroh melakukan tawaf dengan mengitari ka’bah sebanyak 7 putaran dilanjutkan Sai’ dari Bukit Safa hingga Bukit Marwa sebanyak 7 kali.

 

Selesai melakukan tawaf dan Sai’, delegasi dari Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan sholat magrib dan isya berjamaah dan berdoa di depan ka’bah.

Pada kesempatan doa bersama, JK meminta seluruh anggota delegasi meminta kepada Allah SWT agar pandemi covid-19 bisa segera berakhir dengan ditemukannya vaksin tahun depan. Kemudian tak lupa mendoakan keselamatan bangsa Indonesia dan kesuksesan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam bisa segera terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Menurut rencana, Delegasi yang dipimpin JK itu akan melakukan ziarah di Makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabat Rasulullah pada Senin (26/10). Kemudian dilanjutkan melaksanakan shalat dan berdoa di Raudhah, bagian dari Masjid Nabawi pada jaman Rasulullah SAW.

Sebelum Ke Riyadh dan Makkah Saudi Arabia, Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus di Private Library Paus di Kawasan St. Peter Basilica Vatikan, bersama 5 orang anggota Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement