Jumat 06 Nov 2020 22:01 WIB

HIPMI dan BKKBN Sinergi Perkuat Ekonomi Keluarga

Pandemi Covid-19 berimbas pada sektor lain termasuk goncangan ekonomi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
HIPMI dan BKKBN Sinergi Perkuat Ekonomi Keluarga (ilustrasi).
Foto: istimewa
HIPMI dan BKKBN Sinergi Perkuat Ekonomi Keluarga (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berupaya memperkuat sektor ekonomi keluarga dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus terjadi. Upaya tersebut, BKKBN menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dalam penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Pemanfaatan Kewirausahaan dalam Penguatan Program Pembangunan Keluarga. 

"Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru, harus kita hadapi dengan semangat baru dan optimisme agar ekonomi keluarga mampu bangkit kembali," ujar Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Eli Kusnaeli, dalam acara MoU Tentang Pemanfaatan Kewirausahaan dalam Penguatan Program Pembangunan Keluarga secara virtual, Kamis (5/11) kemarin. 

Sebagai unsur pemerintah dan elemen masyarakat, BKKBN bersama HIPMI sebagai mitra kerja memiliki kewajiban dalam menggairahkan kembali ekonomi keluarga di Indonesia. Eli mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya membawa dampak bencana kesehatan namun juga berimbas pada sektor lain termasuk goncangan ekonomi. 

Eli mengatakan, BKKBN memiliki kelompok binaan yang terdiri dari keluarga dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain berperan menyosialisasikan berbagai program kemasyarakatan, kelompok tersebut juga membangun usaha ekonomi produktif yang disebut kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). 

Namun, akibat pandemi Covid-19, kelompok keluarga binaan BKKBN tersebut juga ikut terkena dampak perlambatan laju pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan paparan Menteri Ketenagakerjaan, dampak pandemi Covid-19 diperkirakan angka pengangguran berkisar 2,92 juta hingga 5,23 juta bahkan bisa mencapai dua digit hingga akhir 2020. 

"Dalam upaya membantu memperkuat ekonomi keluarga, BKKBN bermitra dengan HIPMI dalam memberikan binaan dan pendampingan kepada usaha ekonomi keluarga di Indonesia," ungkapnya. 

Secara umum, Eli menambahkan, keuangan keluarga dan usaha ekonomi keluarga yang stabil akan menjamin stabilitas ekonomi keluarga itu pula. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menyokong stabilitas ekonomi nasional. "Oleh karena itu, perlu upaya dalam membantu percepatan pemulihan ekonomi keluarga karena dampak pandemi Covid-19," tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bendahara Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Hilda Kusumadewi mengatakan, tekanan terhadap ekonomi akibat pandemi Covid-19 seharusnya menjadi momentum yang tepat dalam merevitalisasi peran strategis pemuda sebagai pelaku pasar ekonomi. Dengan meningkatnya jumlah wirausaha muda baru di Indonesia, diharapkan dapat menciptakan efek berantai bagi ekonomi nasional, sekaligus menjadi jalan keluar dari dampak pandemi Covid-19. 

"Indonesia butuh lahirkan banyak pengusaha baru. Peringkat jumlah pengusaha di Indonesia masih tertinggal jauh dari beberapa negara di dunia bahkan di Asia Tenggara. Indonesia masih kekurangan pengusaha," ujar Hilda. 

Kemudian, Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan Kesehatan BPP HIPMI Sari Pramono mengatakan, untuk mencetak pengusaha baru, ada beberapa tantangan salah satunya mengubah pola pikir yang harus tumbuh dari dalam dirinya. Pengusaha muda memegang peranan penting dalam mempercepat roda perekonomian, terutama untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

"Syarat negara maju punya pengusaha 14 persen, Indonesia baru memiliki jumlah pengusaha 3,1 persen dari total populasi penduduk. Indonesia masih membutuhkan lahirnya banyak jumlah pengusaha baru sebagai syarat untuk menjadi negara maju," ucap Sari. 

Menurutnya, keterlibatan pemerintah juga penting sebagai upaya mempercepat lahirnya pengusaha baru. Pemerintah harus fokus bagaimana menciptakan pekerjaan dalam dunia kewirausahaan. 

"Pengusaha berperan pada tumbuhnya perekonomian nasional. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam struktur perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, jumlah pengusaha harus semakin ditingkatkan agar mampu mendorong pertumbuhan perekonomian domestik," ungkapnya. 

Untuk itu, Sari berharap, ada koordinasi antara HIPMI dan pemerintah sebagai pelaku kebijakan. HIPMI siap menjadi mitra strategis dan komunikasi yang lebih efektif dan tepat sasaran dalam bersinergi menciptakan pengusaha baru Indonesia. 

"Ke depan, HIPMI dan BKKBN dapat bersinergi. HIPMI familiar dengan iklim usaha Indonesia serta berisikan tenaga-tenaga profesional, sehingga dapat membantu merealisasikan program BKKBN untuk mewujudkan keluarga sejahtera," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement