Senin 16 Nov 2020 19:43 WIB

BI NTT Gandeng Startup Lokal Permudah Pemasaran Produk UMKM

Startup lokal ini dihadirkan untuk mendorong lebih dekat antara UMKM dengan konsumen.

BI NTT Gandeng Startup Lokal Permudah Pemasaran Produk UMKM (ilustrasi).
Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA
BI NTT Gandeng Startup Lokal Permudah Pemasaran Produk UMKM (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,KUPANG -- Kepala Pewakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja, mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan startup lokal bernama Bakuniaga guna mempermudah pemasaran produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di provinsi setempat secara digital.

"Startup lokal ini dihadirkan untuk mendorong lebih dekat antara produsen atau UMKM dengan konsumen sehingga mereka bisa bertransaksi lebih cepat lagi," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin (16/11).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya Bank Indonesia dalam meningkatkan pemasaran produk-produk UMKM di NTT secara digital.

Ariawan menjelaskan, transaksi jual-beli melalui e-commerce lokal ini juga dilakukan secara elektronik menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Ariawan mengatakan, pihaknya terus mendorong perkembangan UMKM di NTT sektor ini menyumbang 99 persen struktur usaha ekonomi di provinsi berbasiskan kepulauan ini.

Pihaknya mencatat jumlah usaha mikro-kecil di NTT mencapai 433 ribu usaha, sedang usaha menengah-besar sebanyak 3 ribu usaha.

"Jadi pertumbuhan ekonomi kita di NTT masih sangat tergantung pada bagaimana UMKM kita sehingga ini menjadi fokus kita," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain menggandeng start-up lokal pemasaran produk UMKM secara digital, pihaknya juga menghadirkan program kelas daring secara gratis bagi UMKM yang melibatkan sekitar 50 UMKM per sekali pertemuan.

Program ini dirancang untuk mendorong UMKM untuk beralih ke penjualan secara daring dengan mandirimenyikapi turunnya penjualan akibat pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Pihaknya telah menyelenggarakan sebanyak lima kali pertemuan dengan materi di antaranya strategi bisni menghadapi pandemi, pelatihan foto dan videografi produk, akses keuangan dan pembiayaan UMKM, beriklan melalui media sosial, dan on boarding e-commerce bersama Shoppe dengan narasumber ahli.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement