Selasa 17 Nov 2020 12:15 WIB

Kemenag Barito Timur Bina Kesehatan Calon Jamaah Haji

Kemenag gandeng dinas kesehatan dan puskesmas untuk bina kesehatan calon jamaah haji

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Calon jamaah haji
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Calon jamaah haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Gabdul Majid Rahimi, mengatakan telah melakukan pembinaan kesehatan kepada calon jamaah haji. Pembinaan dilakukan dengan menggandeng berbagai instansi terkait seperti dinas kesehatan dan puskesmas.

Kankemenag Barito Timur berusaha melakukan strategi pembinaan kesehatan calon jamaah dengan sistem berjenjang. Salah satu caranya adalah pelayanan pemeriksaan kesehatan dilakukan mulai dari Puskesmas yang terdapat di desa-desa hingga sampai ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Selain itu, Kemenag juga selalu berkoordinasi dengan puskemas untuk pelaksanaan tahap satu pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan tahap dua di RSUD pun dilakukan demikian. Seperti untuk pelaksanaan tes kebugaran calon jemaah haji, dan lain sebagainya,” ujarnya saat menjadi narasumber kegiatan webinar Komunikasi Informasi Edukasi Virtual Advokasi Haji, dalam keterangan yang didapat Republika, Selasa (17/11).

Kegiatan webinar ini dihadiri peserta dari unsur jamaah haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU), pemerintah daerah, penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA). Tak ketinggalan hadir tokoh masyarakat dan ormas Islam di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Selain itu, Kankemenag dan lembaga kesehatan melakukan pelayanan vaksin meningitis dan influenza. Kegiatan ini tepatnya bekerja sama dengan dinas kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangkaraya.

“Setiap calon jamaah haji yang sudah divaksin berhak mendapatkan surat kesehatan vaksinasi dari Dinas Kesehatan Barito Timur. Tidak sampai di situ, saat kembali ke tanah air, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan kembali,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement