Ahad 06 Dec 2020 14:17 WIB

Beda Arab Saudi Dulu dan Kini Menurut Pelancong Non-Muslim 

Arab Saudi melakukan pelonggaran aturan agama

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Arab Saudi melakukan pelonggaran aturan agama  Tempat wisata di Arab Saudi, Riyadh Boulevard.
Foto:

Salah satu alasan utama pergolakan sosial di Arab Saudi adalah keputusan Putra Mahkota Saudi, Muhammad bin Salman al Saud (MBS) untuk menantang ulama yang telah melahirkan generasi ortodoksi, menghasilkan Osama Bin Laden, Alqaeda, dan hampir semua pembajak serangan 11 September 2001.  

Ayah MBS, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud adalah yang terakhir dari garis kepemimpinan yang panjang dan kaku yang diturunkan dari pendiri kerajaan, Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al Saud. 

Abdulaziz membutuhkan waktu 30 tahun untuk menaklukkan empat wilayah yang berbeda secara geografis di negara itu. Asir di selatan, Al-Ahsa di timur, Hijaz di barat, dan Najd di tengah dan mendirikan Kerajaan Arab Saudi pada 23 September 1932. 

MBS hanya membutuhkan waktu kurang dari lima tahun, berhasil mengguncang kerajaan dengan cara yang tidak pernah berani dilakukan oleh para pendahulunya.  Dia banyak menangkap dan menahan lebih dari 200 pangeran dan pengusaha yang dianggap melakukan korupsi. 

Visi 2030 MBS adalah reformasi Arab Saudi dengan menuntut ekonomi yang beragam dan pemberdayaan kaum muda.  

Para menteri menggambarkan MBS sebagai seorang pengatur tugas yang tangguh, yang akan mendengarkan tetapi tidak akan mentoleransi perbedaan pendapat setelah keputusan diambil, atau kegagalan untuk mewujudkan reformasi yang diinginkannya.  

Di Benteng Masmak di kawasan lama Riyadh pada 1902, Raja Abdulaziz memulai kampanyenya untuk membangun kerajaan di bawah kendalinya, ujung tombak logam yang menonjol dari gerbang kayu kuno adalah bukti kekuatan tindakan bersejarahnya.  

Visi MBS tidak kalah kuat. Aktivis hak asasi manusia telah dipenjara, pembangkang termasuk jurnalis Jamal Khashoggi dibunuh secara brutal, namun MBS sangat mendukung apa yang telah dilakukannya sehingga sejauh ini kaum muda tampak setuju dengan itu.  

"Ini (topik) penting yang telah didiskusikan di seluruh dunia," kata Mohammed al-Ajwi (26), seorang akuntan merujuk pada pembunuhan Khashoggi, yang akhirnya dakwaan pembunuhan dijatuhkan kepada operator nakal di dalam. Lingkaran dalam MBS. 

photo
Desa Al-Muftaha di Abha, Asir, Arab Saudi merupakan desa kuno berusia ratusan tahun yang kini menjadi destinasi wisata. - (Saudi Tourism)

Putra mahkota membantah keterlibatan pribadi dalam pembunuhan itu, sementara Amerika Serikat dan badan intelijen asing lainnya menilai bahwa dia memang yang memerintahkannya. 

Riyadh pada 2003 kata Nic, hanya memiliki dua menara tinggi. Namun saat ini, sudah banyak gedung-gedung tinggi bahkan menjadi kota tersibuk. 

Jika masih ingin melihat Arab Saudi lama, tambah Nic, bisa berkunjung ke wilayah Najd. Di sana, masih terdapat Unta kerajaan putih dirawat di peternakan tua. Oase rerumputan subur yang indah, dan waduk air alami kuno yang penting bagi para penggembala masih digunakan. "Saya beruntung melihat semua ini berkat pekerjaan saya, tetapi ini akan menjadi lebih mudah bagi semua orang," ucapnya.  

MBS telah mengumumkan pada tahun lalu, pembukaan pintu kerajaan untuk pariwisata, untuk mengurangi ketergantungan ekonomi kerajaan pada minyak bumi. Tanpa diduga, tahun ini mengalami ledakan yang luar biasa. 

Ketika kerajaan menutup perbatasannya karena pandemi Covid-19, orang Arab Saudi pergi berlibur di halaman belakang rumah mereka. Wilayah negara ini sangat beragam, dan negaranya begitu besar, bahkan penduduk lokal pun mungkin merasa mereka sedang beristirahat jauh dari rumah. 

photo
Para wisatawan menikmati kamp tenda di wilayah Al-Hada dan Al-Shafa di Taif, Arab Saudi - (Saudigazette)

Keajaiban kuno 

Jauh dari Najd, ada pesisir Hijaz, rumah bagi situs suci Islam Makkah dan Madinah, yang sudah kosmopolitan dan santai karena masuknya peziarah selama berabad-abad.  

Di sini, jendela-jendela di lantai atas rumah tua menjorok ke jalan memungkinkan angin laut yang sejuk bertiup melalui kamar dan halaman dalam, bersirkulasi di atas kolam yang sejuk dan menyegarkan. 

Duduk di dalam salah satu rumah sederhana ini adalah suguhan yang tidak akan pernah bisa dilupakan, kesempatan untuk bersantai, menjauh dari hiruk pikuk masalah di luar.  

Sumber: https://edition.cnn.com/travel/article/saudi-arabia-fun-tourists/index.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement