Kamis 10 Dec 2020 12:42 WIB

Pujian Abu Thalhah Terhadap Madinah kerena Rasulullah

Bumi Madinah dicium oleh kening Rasulullah dalam sujud beliau.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pujian Abu Thalhah Terhadap Madinah kerena Rasulullah. Kota Madinah tempo dulu.
Foto: Republika.co.id
Pujian Abu Thalhah Terhadap Madinah kerena Rasulullah. Kota Madinah tempo dulu.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Abu Thalhah Muhammad Yunus Abdussttar dalam kitabnya "Kaifa Tastafidumi min al-Haramain asy-Syarifain Ayyuha az-Zair wa al-Muqim Ahwal an-Nabi fi al-Hajj" menuliskan tidak ada yang lebih harum daripada kota Madinah. Untuk itu Madinah merupakan tempat istimewa di muka bumi. 

"Angin yang berhembus di kota Madinah menjadi harum karena nafas Suci Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Anginnya berbaur dengan getaran suara Rasulullah," kata Abu Talhah yang judul aslinya Nashirul Haq. Lc dan Fatkhurozi Lc dialih bahasakan menjadi "Haji, Jalan-jalan atau ibadah"

Abu Talhah melanjutkan pujian Madinah karena ada Rasulullah. Bahwa bumi Madinah dicium oleh kening Rasulullah dalam sujud beliau, dipijak oleh kaki beliau ketika beliau berjalan, ditiduri oleh tubuh Rasulullah ketika beliau tidur dan disentuh oleh kedua tangan beliau ketika salat.

Lantainya dialiri oleh air mata beliau, dinding-dindingnya, berbahagia karena dapat melihat wajah beliau. Demikian pula dengan gunung-gunung yang ada, karena Rasulullah menaiki gunung-gunung itu. Mata air pun mengucur dari jari jemari beliau bagi kota Madinah. 

Makanan menjadi tumbuh dan bertambah banyak karena kedua tangan beliau. Unta-unta menangis di hadapan beliau izin makanan di kota ini pun bertasbih di hadapan beliau. Air susu yang ada di dalamnya dapat membuat kenyang banyak orang.

Penduduknya mencintai beliau, Beliau pun membalas kecintaan dan kasih sayang mereka ketika beliau mencintai mereka dengan rasa cinta yang tidak tergantikan jadi beliau mencintai anak-anak dan wanita-wanita di kota itu. Beliau juga mencintai gunung-gunung dan kota mereka. 

Beliau menjadikan ayat keimanan sebagai bukti kecintaan beliau kepada mereka. Siapa saja yang mencintai mereka, maka Allah akan mencintainya. Mereka adalah tempat rahasia dan amanah beliau.

Mereka adalah syiar beliau. Mereka pun bagaikan selimut bagi beliau. Kehidupan beliau diperuntukkan bagi kehidupan mereka. Kematian beliau juga berarti kematian mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement