Sabtu 12 Dec 2020 10:26 WIB

Menjelajahi Ikon Kota Asal Sufi Jalaluddin Rumi (2-Habis)

Meski konservatif, Konya penuh dengan tempat yang luar biasa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Lokasi Bazar Besar Konya di Turki. Lokasi ini salah satu area bersantai yang populer bagi turis.
Foto:

Masjid Selimiye

Di antara semua arsitektur Seljuk di Konya, Anda akan menemukan masjid era Ottoman yang indah dan besar ini. Dibangun pada 1567 oleh penguasa Ottoman Selim II. Bagian depan masjid memiliki alun-alun besar tempat Anda dapat mengambil foto-foto masjid yang indah. Interiornya memang sangat indah dengan langit-langit berkubah yang sangat besar.

Karena masjid terus digunakan, tetap terjaga dengan baik. Salah satu fitur masjid yang menarik dan membuat penasaran adalah salah satu mimbarnya, yang dirancang agar terlihat seperti kubah hijau Museum Maulana di dekatnya.

photo
Masjdi Selimiye di Konya, Turki. Masjid ini merupakan peninggalan Ottoman. - (wikipedia)

 

Kuil Mevlana/Maulana 

Rumah bagi makam Rumi, penyair dan mistik Sufi yang terkenal, Kuil Mevlana saat ini berfungsi sebagai museum dan merupakan salah satu perhentian wisata paling populer dan sakral di Konya. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Konya mengunjungi makam sebagai tempat ziarah penting.

Awalnya tempat ini merupakan taman mawar untuk seorang sultan Seljuk, namun, itu diberikan kepada Rumi atas undangannya ke Konya dari Transoxiana. Itu kemudian menjadi tempat pemakamannya dan tempat penginapan bagi para darwis yang berputar-putar. Seratus tahun yang lalu, itu diubah menjadi museum, di mana pengunjung dapat melihat artefak dan memorabilia penting dari sejarah Sufi, selain makam.

Selama dua pekan setiap tahun, pengunjung juga dapat melihat para darwis yang berputar-putar melakukan upacara keagamaan mereka. Jika Anda cukup beruntung berada di Konya pada Desember, jangan lewatkan kesempatan ini.

Mengunjungi Kuil Mevlana bisa didapatkan secara gratis. Jam berkunjung dari pukul 10.00 sampai 17.00. antara April dan 1 November, dan dari 10.00 sampai 16.30 waktu setempat antara 1 November dan 1 April.

https://www.dailysabah.com/life/travel/exploring-the-islamic-pearl-of-central-anatolia-city-of-rumi-konya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement