Selasa 15 Dec 2020 15:02 WIB

Menelusuri Jejak Islam di Amerika Lewat Masjid

Komunitas Muslim sudah berkembang sejak berabad-abad lalu di benua Amerika.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjid-masjid telah berdiri di Amerika Serikat sejak 1900-an.
Foto:

3. Masjid Ibu, Cedar Rapids, Iowa

Masjid ini dikenal sebagai Masjid Induk Amerika dan sebagai monument Muslim Amerika awal yang bermigrasi dari Suriah Raya. Dibangun pada 1934, masjid ini dikenal sebagai Rose of Fraternity Lodge dan Moslem Temple.

Saat ini, komunitas lokal beribadah di Islamic Center of Cedar Rapids di dekatnya yang dibangun pada 1971 untuk melayani komunitas yang berkembang. Masjid Induk terutama digunakan untuk pendidikan warisan, menampung kunjungan dari sekolah, dan pejabat di seluruh AS.

4. Masjid Muhammad, Washington DC

Masjid Muhammad merupakan masjid pertama yang dibangun di ibu kota oleh keturunan Afrika-Amerika yang diperbudak dan Muslim Afrika dan berasal dari tahun 1930-an. Bangunan ini tadinya sebagai kuil Nation of Islam (NOI). Lalu dibuka pada 1960 melalui dukungan dari penggalang dana utama dan ikon Muslim Global Malcolm X.

Pada 1975, Masjid Muhammad memeluk Islam Sunni yang menjadi arus utama di bawah bimbingan almarhum Imam Warith Deen Mohammed. Dia adalah salah satu putra pemimpin awal NOI Elijah Muhammad yang membuka masjid sebagai Kuil 4.

Imam Mohammed menunjuk seorang imam Sunni dan mengubah nama kuil menjadi Masjid Washington. Dia memindahkan bangku dari aula utama sehingga shalat konvensional dapat dilakukan dan juga mengubah arah sholat ke arah kiblat yang benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement