Jumat 25 Dec 2020 16:51 WIB

10 Siswa Madrasah Aliyah Terima Penghargaan Kemendikbud

10 Siswa Madrasah Aliyah terima penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Siswa Madrasah Aliyah
Foto: Republika/Agung Supri
Siswa Madrasah Aliyah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sepuluh siswa Madrasah Aliyah binaan Kementerian Agama menerima penghargaan Prestasi Talenta Indonesia 2020. Penghargaan ini akan diberikan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara daring, 27-30 Desember 2020.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar, mengatakan sepuluh siswa tersebut berasal dari enam madrasah. Tiga madrasah adalah peraih penghargaan karena prestasi tingkat nasional, yakni MAN 2 Kota Malang (3 siswa), MAN IC OKI (1 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa).

“Tiga madrasah lainnya mendapat prestasi tingkat internasional, yaitu MAN IC Serpong (2 siswa), MAN 2 Kota Malang (2 siswa), dan MAN 2 Pekanbaru (1 siswa),” kata Ahmad Umar dalam keterangan yang didapat Republika, Kamis (24/12).

Ia menyebut Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta didik berprestasi Indonesia. Mereka merupakan peraih medali emas pada kegiatan kompetisi, lomba, dan festival yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Tahun 2020 di tingkat nasional dan internasional.

Peserta yang diundang berjumlah 677 peserta didik berprestasi di bidang Sains, Teknologi dan Inovasi, serta bidang Seni, Bahasa dan Literasi. Tak hanya itu, ada juga yang meraih penghargaan di bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani, maupun bidang Vokasi dan Kewirausahaan, mulai dari jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus dan Pendidikan Tinggi.

“Tujuan kegiatan ini antara lain memberikan wadah silaturahmi, berbagi gagasan, menjalin kolaborasi, mendeklarasikan mimpi, dan cita-cita para generasi berprestasi Indonesia,” kata dia.

Kepala MAN 2 Kota Malang, Binti Maqsudah, mengatakan lima siswanya akan mendapat penghargaan pada Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia 2020. Tiga siswa karena meraih prestasi nasional, yaitu: Habibah Azmiyatus Sholihah selaku peraih medali emas bidang Kimia Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2020, Hafidza Fatma Yona peraih medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KoPSI 2020, dan Siti Andriani peraih medali emas Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2020.

Dua siswa lainnya, mendapat prestasi internasional. Yaitu, Rafa Nanda Akilah periah medali perak atau silver medal Global e-Comeptition Astronomy and Astrophysics atau GeCAA yang merupakan pengganti ajang IOAA 2020, serta Lugas Firdinand Hamdi periah medali perunggu atau bronze medal International distributed Physics Olympiad atau IdPho 2020.

Di sisi lain, Kepala MAN IC Serpong, Naim, menambahkan ada dua siswanya yang juga akan meraih penghargaan. "Keduanya telah mengharumkan nama MAN IC Serpong, Kemenag, dan Indonesia dengan meraih prestasi nasional," ujarnya.

Siswa yang dimaksud adalah Farrel Alfaza Marsetyo peraih medali perak International Biology Olympiad atau IBO Challenge 2020 yang dilaksanakan secara daring pada 7-13 Agustus 2020. Siswa lainnya, yakni Muhammad Andika Rifqi peraih penghargaan dalam International Earth Science Symposium atau IESS 2020 yang dilaksanakan secara daring pada 18 September 2020 sampai dengan 11 Oktober 2020. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement