Selasa 29 Dec 2020 04:18 WIB

Jurnalis Warga di China Dipenjara Akibat Laporkan Covid-19

Aktivis dan jurnalis warga, Zhang Zhan dijatuhi hukuman 4 tahun penjara

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nur Aini
Bendera China. Aktivis dan jurnalis warga di China, Zhang Zhan dijatuhi hukuman 4 tahun penjara
Foto: ABC News
Bendera China. Aktivis dan jurnalis warga di China, Zhang Zhan dijatuhi hukuman 4 tahun penjara

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- Seorang aktivis, Zhang Zhan yang juga sebagai jurnalis warga di China dijatuhi hukuman penjara empat tahun, setelah dirinya meliput penyebaran wabah virus corona di Wuhan awal tahun 2020 lalu.

Zhang Zhan dituduh bersalah karena dianggap 'memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah.' Itu adalah tuduhan yang sering dialamatkan terhadap aktivis yang mengungkap berbagai fakta sosial di China.

Baca Juga

Zhang Zhan, merupakan mantan pengacara berusia 37 tahun telah ditahan sejak Mei 2020. Ia juga telah melakukan mogok makan selama beberapa bulan. Pengacaranya mengatakan kesehatannya buruk.

Zhang Zhan adalah salah satu dari beberapa aktivis, terutama jurnalis warga yang mengalami masalah karena meliput persoalan pandemi Covid-19 di Wuhan.

 

Menurut BBC, tidak ada media yang bebas di China dan pihak berwenang diketahui menekan para aktivis atau pelapor yang dianggap merusak citra pemerintah China dalam menanggulangi dampak wabah Covid-19.

"Zhang Zhan tampak terpukul ketika hukuman itu diumumkan," kata Ren Quanniu, salah satu pengacara Zhang Zhan, kepada kantor berita AFP, dilansir Senin (28/12).

Ren menambahkan bahwa ibu Zhang, yang berada di pengadilan, terisak-isak saat putusan dibacakan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement