Selasa 29 Dec 2020 14:35 WIB

Empat Strategi BI Ciptakan SDM Unggul Dukung Ekonomi Syariah

Edukasi salah satu pilar pengembangan ekonomi syariah BI.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Empat Strategi BI Ciptakan SDM Unggul Dukung Ekonomi Syariah. Gedung Bank Indonesia
Foto: Republika/Wihdan
Empat Strategi BI Ciptakan SDM Unggul Dukung Ekonomi Syariah. Gedung Bank Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) membuka pintu lebar untuk memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia sektor ekonomi syariah. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pengembangan sumber daya insani ini sejalan dengan misi BI memajukan ekonomi syariah Indonesia.

"Ada empat strategi yang dijalankan BI untuk menciptakan SDM yang unggul agar bisa dukung ekonomi syariah, yakni riset, edukasi, literasi, serta sinergi," katanya dalam Sharia Business and Academic Sinergy (SBAS) 2020 yang dilaksanakan virtual, Selasa (29/12).

Baca Juga

Perry juga mengatakan perlunya pengembangan strategi yang sejalan dengan tujuan dari Masterplan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia (MEKSI). BI merumuskannya dalam upaya pengembangan edukasi dan literasi yang menjadi salah satu pilar blueprint pengembangan ekonomi syariah BI.

Perry menambahkan, BI selalu siap dan telah membantu pengembangan melalui program keterkaitan antara industri dan dunia pendidikan. Seperti dengan membuka program magang bagi para mahasiswa, bersinergi untuk kembangkan edukasi ekonomi syariah di kampus-kampus juga kampanye sosialisasi yang terintegrasi.

Ia mengakui selalu ada tantangan, misal dalam pengembangan dan standarisasi kurikulum, juga perlunya keseimbangan dalam teori dan aplikasi. Selain itu, pengembangan program yang lebih menyeluruh dari hulu ke hilir dan saling melengkapi.

"Ada tantangan juga dalam membuat kurikulum, desain dari suatu program yang betul-betul proses end to end, secara teori, hukum, bersifat aplikatif," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement