Arab Saudi Arahkan Khutbah Jumat Bahas Vaksinasi Covid-19

Rabu , 30 Dec 2020, 10:30 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi Arahkan Khutbah Jumat Bahas Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
Arab Saudi Arahkan Khutbah Jumat Bahas Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Khutbah Jumat di seluruh masjid di Arab Saudi pekan ini akan mengangkat pembahasan yang sama yakni berkaitan dengan kampanye vaksinasi Covid-19.  Seperti dilansir Gulf News pada Rabu (30/12) otoritas Arab Saudi telah mengarahkan agar isi khutbah Jumat secara nasional dikhususkan untuk mendorong vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung di Arab Saudi.

 

Terkait

Khutbah sebelum pelaksanaan shalat akan fokus menekankan  pada keamanan dan efektivitas vaksin, mendorong masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dari sumber terpercaya dan menghindari informasi hoaks. Untuk itu Kementerian Urusan dan Panggilan Islam telah mengeluarkan surat edaran pada setiap kantor perwakilan di setiap wilayah.

Diketahui awal bulan ini, Arab Saudi meluncurkan vaksinasi massal  Covid-19 setelah menerima sejumlah vaksin Pfizer-BioNTech. Pada Jumat, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman telah mendapatkan suntikan vaksin untuk melawan penyakit tersebut. Hal itu diikuti pejabat senior lainnya yang sekaligus menekankan keamanan vaksin.

Sementara itu pendaftaran vaksin tersedia untuk warga Saudi dan ekspatriat  melalui aplikasi pintar "Sehhaty" dengan mengunjungi laman resmi onelink.to. Otoritas Arab Saudi mengatakan vaksin diberikan secara gratis untuk warga negara dan penduduk asing. Prioritas vaksinasi diberikan kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun, orang yang berisiko tinggi terinfeksi karena pekerjaannya, dan mereka yang menderita obesitas, penyakit kronis, atau kekurangan kekebalan.

 

Sumber: https://gulfnews.com/world/gulf/saudi/saudi-arabia-friday-sermons-to-focus-on-covid-19-vaccination-1.76165837

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini