Raja Negash dan Pemukiman Muslim Pertama Dunia di Ethiopia

Selasa , 05 Jan 2021, 10:17 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Nasjid Negashi yang berdiri di tengah pemukiman pertama Muslim di dunia yang terletak di Ethiopia.
Nasjid Negashi yang berdiri di tengah pemukiman pertama Muslim di dunia yang terletak di Ethiopia.

Terinspirasi oleh keramahan Ethiopia, Nabi Muhammad (saw) sendiri menginstruksikan para pengikutnya yang datang ke Ethiopia, untuk menghormati dan melindungi Ethiopia serta hidup damai dengan orang Kristen Ethiopia.

 

Terkait

Banyak dari Muslim ini tinggal di negara itu sampai mereka meninggal dan dimakamkan di kota suci Negash.

Kemudian Masjid Al Nejashi (Negash Amedin Mesgid) yang dinamai menurut nama raja Negash dikatakan sebagai masjid pertama di Afrika dan salah satu masjid tertua di dunia.

Masjid dan pemukiman Muslim pertama di dunia ini  adalah salah satu tempat yang harus dilihat teratas di Ethiopia, terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan agama.

Dan, tempat tersebut memegang tempat penting dalam sejarah Islam dan berfungsi sebagai pengingat abadi akan sambutan hangat yang diberikan kepada Muslim pertama oleh raja Ethiopia saat itu.

Bahkan juga merupakan tanda bahwa Ethiopia pertama-tama mengesahkan Islam dari seluruh Afrika dan sebagian besar negara Arab, bahkan sebelum mayoritas penduduk Makkah.

Masjid Al Nejashi adalah tempat yang layak untuk dijelajahi. Siapapun yang datang mengunjungi tempat itu akan dapat berjalan di sepanjang jalan menuju makam 'derih' di halaman belakang masjid yang disebut 'jalan sahabat' dan akan dihargai dengan sejarah kemuliaan yang ditawarkannya.

Karena alasan ini, masjid Al Nejashi dianggap oleh banyak orang sebagai tempat ibadah Islam paling suci kedua dan secara tepat dijuluki oleh Muslim Ethiopia sebagai 'Makkah kedua'.