Rabu 06 Jan 2021 19:30 WIB

Kim Jong-un Akui Tujuan Ekonominya Gagal

Namun, Kim puas dengan kemajuan militer Korut.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Kim Jong-un Akui Tujuan Ekonominya Gagal. Sebuah foto yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan Kim Jong-un Pemimpin Republik Demokratik Rakyat Korea berbicara selama Pertemuan ke-20 Biro Politik dari Komite Sentral Ketujuh Partai Pekerja Korea ( WPK) di Pyongyang, Korea Utara, 15 November 2020.
Foto:

Mengenai pandemi global, Kim memuji para pekerja partai karena memastikan situasi yang stabil melawan virus corona dari awal hingga akhir.

"Mereka telah dengan tegas mengatasi kesulitan dalam menghadapi krisis kesehatan global yang berkepanjangan dan tidak tertandingi yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Kim.

Korea Utara belum secara resmi mengonfirmasi kasus virus korona, meskipun telah melaporkan ribuan kasus yang diduga ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pihak berwenang Korea Selatan mengatakan, wabah di Korea Utara tidak dapat dikesampingkan karena memiliki perdagangan aktif dan pergerakan orang dengan China sebelum menutup perbatasannya Januari lalu.

Kongres Partai Buruh yang kedelapan dan kedua di bawah Kim dihadiri oleh 4.750 delegasi dan 2.000 penonton. Dalam gambar KCNA, tidak ada seorang pun yang terlihat mengenakan masker dan peserta tidak duduk terpisah, tidak seperti di beberapa acara publik baru-baru ini.

Kim didampingi oleh para pembantu, termasuk saudara perempuannya dan pejabat senior partai Kim Yo Jong, kepala negara nominal Choe Ryong Hae dan Perdana Menteri Kim Tok Hun. Pertemuan tersebut akan berlangsung beberapa hari, dengan Kim juga diharapkan mengumumkan perubahan kepemimpinan dan membahas masalah organisasi, anggaran, dan audit lainnya. 

 

https://www.reuters.com/article/us-northkorea-politics/n-koreas-kim-says-economic-plan-failed-as-rare-party-congress-begins-idUSKBN29A2JH?il=0

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement