Rabu 06 Jan 2021 21:59 WIB

Gubernur Maluku Lepas Ekspor 15 Ton Tuna Segar ke Jepang

Ekspor pertama di tahun 2021 tersebut ditandai dengan pemasangan label Bea Cukai

Gubernur Maluku Lepas Ekspor 15 Ton Tuna Segar ke Jepang (ilustrasi).
Foto: Tim infografis Republika
Gubernur Maluku Lepas Ekspor 15 Ton Tuna Segar ke Jepang (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,AMBON -- Gubernur Maluku Murad Ismail melepas ekspor komoditas perikanan berupa 15 ton ikan tuna segar ke negara Jepang secara langsung dari terminal kargo Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (6/1).

Tuna segar yang diekspor oleh PT. Peduli Laut Maluku menggunakan pesawat kargo Citilink (Garuda Indonesia grup) Ambon-Manado dan Bandara Narita Jepang.

Ekspor pertama di tahun 2021 tersebut ditandai dengan pemasangan label Bea Cukai pada kargo serta penyerahan dokumen ekspor oleh Gubernur Murad kepada Manajer operasional PT. Peduli Laut Maluku Iwan Tagus.

Ekspor perdana itu disaksikan Sekda Maluku Kasrul Selang, Kadis Perindag Elvis Pattiselano, Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku Abdul Haris, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ismail Usemahu, Kadin Maluku, pimpinan PT. Peduli Laut Maluku serta para pelaku usaha sektor perikanan.

Gubernur Murad menyatakan ekspor dan investasi adalah kunci penting kemajuan ekonomi satu daerah. Ekonomi yang terus tumbuh berdampak menekan kesenjangan dan kemiskinan. Perkembangan ekonomi global berdampak bagi setiap negara termasuk Indonesia, sehingga memaksa partisipasi setiap daerah memperluas wilayah pasar sebagai solusi mengatasi dampak resesi global, agar mampu bertahan di kancah perdagangan internasional.

Menurutnya peluang ekspor Maluku saat ini terbuka lebar, terutama dari hasil perikanan, tetapi pelaksanaannya memerlukan sinergi di tengah kondisi global yang masih dilanda pandemi COVID-19.Pemprov, tandasnya telah mempersiapkan langkah dan strategi baru untuk diversifikasi pasar dan Produk, di mana pasar tujuan ekspor kini beralih ke sejumlah negara yang menyatakan potensi pasarnya yang cukup signifikan untuk dieksplorasi.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement