Jumat 08 Jan 2021 12:32 WIB

Apa Bedanya Natal Koptik Yang Dirayakan Pada 7 Januari?

Natal Koptik dirayakan pada 7 Januari?

Paus Tawadros II dari Alexandria memimpin misa di Katedral Kelahiran Kristus pada 6 Januari 2020
Foto:

Menjelang Natal Koptik

Bulan Koptik sebelum Natal disebut Kiahk, bulan keempat dalam kalender Koptik. Selama Kiahk, himne khusus dinyanyikan dan para penyembah akan ambil bagian dalam Pujian Tengah Malam (Tasbeha) dan Liturgi Ilahi.

Dan dalam 43 hari sebelum Natal - dari 25 November hingga 6 Januari - orang Koptik yang taat akan berpuasa dari semua makanan yang berasal dari hewan. Puasa Kelahiran Kudus ini adalah cara untuk menunjukkan pengabdian dan pengendalian diri.

“Puasa adalah jalan spiritual menuju pengendalian diri, meninggikan diri Anda di atas materialisme dan keinginan dan ini juga merupakan waktu untuk berkonsentrasi memperdalam hubungan Anda dengan Tuhan,” kata Mark Youssef, diaken di Katedral Gereja Ortodoks St Mary & Malaikat Tertinggi Michael Koptik di Solihull , Inggris.

Coptic Orthodox Christmas

Keterangan foto: Jemaat Koptik Ortodoks menghadiri misa Malam Natal di Katedral Kelahiran Kristus di ibukota administratif Mesir pada 6 Januari 2020 (AFP)

Panjangnya didasarkan pada 40 hari yang dikatakan Musa telah berpuasa sebelum dia menerima 10 perintah dari Tuhan. Puasa diperpanjang selama tiga hari tambahan untuk memperingati keajaiban Pindah Gunung, di mana wazir Yahudi Ibn Killis menantang Paus Abraham (975–978 M) untuk membuktikan imannya dengan memindahkan gunung Muqattam Mesir - sesuai dengan ayat Perjanjian Baru:

"Jika Anda memiliki iman seperti biji sesawi, Anda akan berkata ke gunung pindah dari sini ke sana, dan itu akan bergerak," (Mat 17:20 & Markus 11:23).

Khalifah al-Muizz Lideenillah (953-972 M), Khalifah Fatimiyah keempat Mesir, mempertaruhkan taruhannya dengan mengancam akan mengeksekusi orang Kristen Mesir jika mukjizat itu gagal.

Abraham meminta penangguhan hukuman tiga hari sementara dia dan komunitas Koptik berpuasa dan berdoa untuk mukjizat, yang - menurut tradisi Koptik - akhirnya menyelamatkan mereka ketika gunung berguncang dan terangkat dari tanah tiga kali. Coptic Christmas KuwaitKeterangan foto: Koptik Natal Kuwait Orang-orang Koptik Ortodoks Mesir yang tinggal di Kuwait menghadiri misa Natal di Gereja Ortodoks Koptik St. Mark di Kota Kuwait pada 6 Januari 2019 (AFP)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement