Rabu 20 Jan 2021 20:33 WIB

Pemerintah Pantau Kematian Akibat Vaksin Pfizer di Norwegia

Moeldoko mengatakan dasar memilih vaksin, yakni aman, halal, dan efektif.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memantau peristiwa kematian manula yang diakibatkan Vaksin Pfizer di Norwegia. Pemantauan itu untuk selanjutnya mengevaluasi penggunaan vaksin tersebut.

"Pasti pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan BPOM akan mengevaluasi itu," ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/1).

Baca Juga

Dia mengatakan ada tiga hal yang menjadi dasar dalam memilih vaksin, yakni vaksin harus aman, halal, dan berkaitan dengan efektivitasnya. "Itu menjadi patokan utama, setelah itu baru bicara pertimbangan harga dan seterusnya," ujar dia.

Moeldoko mengatakan kabar kematian itu baru dilaporkan satu negara. Ia mengatakan, BPOM akan mengevaluasi juga kasus yang terjadi di negara lain, yang menggunakan vaksin serupa sebagai prioritasnya.

"Ini kan baru satu negara. Sudah dinyatakan negara tersebut divaksinkan ke manula, tapi kan perlu dilihat negara lain lagi yang juga menggunakan Pfizer, tingkat risikonya seperti apa," kata dia.

Dia menyampaikan penentuan evaluasi akan berdasarkan hasil monitor dan evaluasi berbagai negara yang menggunakan vaksin tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement