Kamis 28 Jan 2021 20:20 WIB

Tak Ada Manusia dan Jin yang Tahu Kapan Nabi Sulaiman Wafat

Nabi Sulaiman adalah seorang nabi yang memiliki pasukan golongan manusia dan jin.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Tak Ada Manusia dan Jin yang Tahu Kapan Nabi Sulaiman Wafat
Foto:

Wafatnya Nabi Sulaiman AS tidak seperti manusia biasa sehingga jenazahnya tidak dapat rusak. Nabi Sulaiman AS wafat saat ia sedang berdiri di atas tongkatnya untuk shalat. Akibatnya, para jin pekerja yang diperintahkan Allah untuk patuh padanya, terus bekerja karena tidak tahu dia sudah wafat.

Allah berfirman dalam surat Saba ayat 14:

فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلٰى مَوْتِهٖٓ اِلَّا دَاۤبَّةُ الْاَرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَاَتَهٗ ۚفَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ اَنْ لَّوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوْا فِى الْعَذَابِ الْمُهِيْنِۗ

Fa lammā qaḍainā 'alaihil-mauta mā dallahum 'alā mautihī illā dābbatul-arḍi ta`kulu minsa`atah, fa lammā kharra tabayyanatil-jinnu al lau kānụ ya'lamụnal-gaiba mā labiṡụ fil-'ażābil-muhīn.

 

“Maka ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman), tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement