Indahnya Gunung Tuwaiq Arab Saudi yang Berhias Kaligrafi

Senin , 01 Feb 2021, 23:27 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Gunung Tuwaiq Arab Saudi dihiasi kaligrafi Arab
Gunung Tuwaiq Arab Saudi dihiasi kaligrafi Arab

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Kementerian Kebudayaan Arab Saudi berusaha mempercantik tampilan visual Gunung Tuwaiq. Gunung yang berada di sebelah barat Riyadh ini dihiasi tampilan digital. logo prakarsa "Tahun Kaligrafi Arab". 

 

Terkait

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas prakarsa ini. Kementerian Kebudayaan telah berusaha untuk mengubah kaligrafi Arab, dari wadah budaya menjadi ikon yang mewakili elemen penting identitas budaya Kerajaan.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Senin (1/2), kaligrafi dinilai merupakan sumber dasar sejarah budaya Arab. Untuk itu, Kementerian Kebudayaan berupaya menyelenggarakan pameran kaligrafi di puncak Gunung Tuwaiq.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Qiddiya Investment Co., dalam peresmian prakarsa "Tahun Kaligrafi Arab" tahun 2021.

Dalam tampilan digital tersebut, ditunjukkan pula tiga logo lain, yaitu, Visi Kerajaan 2030, Kementerian Kebudayaan selaku pelopor inisiatif ini, serta Program Kualitas Hidup. Program ini merupakan bagian dari usaha membantu mencapai Visi Kerajaan 2030 .

Penerangan yang dilakukan di Gunung Tuwaiq ini juga sejalan dengan upaya Kementerian Kebudayaan dalam mempromosikan inisiatif "Tahun Kaligrafi Arab".

Tahun Kaligrafi Arab diluncurkan oleh kementerian untuk merayakan seni kaligrafi Arab dan konotasi budayanya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyebarkan penggunaannya, mengingat Kerajaan Saudi adalah penjaga, pelindung, sekaligus pendukung utama keberadaan kaligrafi.

Sumber:  https://www.arabnews.com/node/1801611/saudi-arabia 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini