Kamis 04 Feb 2021 06:21 WIB

Kemenag : Asrama Haji Bisa Digunakan Sepanjang Tahun

Asrama Haji Bisa Digunakan Sepanjang Tahun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Kemenag : Asrama Haji Bisa Digunakan Sepanjang Tahun. Foto:  Asrama haji (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Kemenag : Asrama Haji Bisa Digunakan Sepanjang Tahun. Foto: Asrama haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Keberadaan Asrama Haji sejatinya tidak hanya digunakan pada musim haji saja. Keberadaan bangunan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan produktif sepanjang tahun.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama, Oman Fathurahman, saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI, dalam rangka membahas rencana pembangunan Asrama Haji di Kota Tangerang. 

Baca Juga

“Selama ini asrama haji hanya di gunakan untuk pelayanan jamaah haji. Padahal, asrama haji memiliki tiga fungsi, yaitu pelayanan, sosial dan edukasi. Asrama haji dapat produktif sepanjang tahun, tidak hanya saat musim haji saja,” ujar Oman, dalam keterangan yang didapat Republika, Kamis (4/2). 

Oman lantas menyebut, Kemenag berharap semua asrama haji di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

 

Calon asrama haji di Tangerang nantinya juga dapat beroperasi maksimal sepanjang tahun dan membawa manfaat untuk semua kalangan, bukan hanya jamaah haji.

Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, mengungkapkan antusiasmenya dalam rencana pembangunan Asrama Haji Provinsi Banten di wilayahnya. Ia pun menawarkan dua alternatif lokasi untuk pembangunan Asrama Haji.

"Kami menawarkan ada dua lokasi rencana pembangunan asrama haji. Pertama di Modernland, dan yang kedua di Kawasan Batu Sari,” kata Arief. 

Rencana pembangunan Asrama Haji Provinsi Banten mulai tercetus pada 2020 lalu. Dengan pembangunan asrama haji ini, Arief berharap jamaah asal Provinsi Banten dapat memiliki akses yang lebih mudah ketika melakukan perjalanan ibadah haji. 

“Selama ini jamaah haji Banten harus memutar jauh ke Asrama Haji Pondok Gede saat akan berangkat haji. Padahal Bandara keberangkatan berada di Tangerang, Banten,” ujarnya. 

Keseriusan Pemerintah Kota Tangerang ini lantas mendapat apresiasi dari Anggota Komisi VIII yang hadir dalam kunjungan kerja tersebut. Mereka berharap keseriusan ini tidak hanya ditunjukkan dengan kata-kata saja.

Meski demikian, Komisi VIII juga mengingatkan perlunya aksi konkret yang segera dilaksanakan, sehingga pembangunan Asrama Haji tersebut bisa terealisasi secepatnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement