Jumat 19 Feb 2021 03:25 WIB

4 Hal Agar UMKM Tetap Bertahan Saat Pandemi

UMKM harus adaptif di tengah dinamika pandemi.

4 Hal Agar UMKM Tetap Bertahan Saat Pandemi. Sulastri adalah salah satu pelaku UMKM yang ada di Desa Berdaya Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Saat ini, dirinya menekuni usaha donat yang diproduksi setiap hari dengan pemasaran yang dititipkan ke tenongan atau penjual jajanan pasar.
Foto:

Namun, bagi yang memiliki gerai fisik, optimalkan toko yang ada karena tetap ada konsumen yang masih belanja langsung ke toko. Optimalkan juga jaringan bisnis dan konsumen eksisting.

Ketiga, berikan motivasi kepada tim dan tetap pantau tim yang dimiliki agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Terakhir, buat rencana arus kas supaya keuangan tetap terjaga sambil mengupayakan surplus.

UMKM harus adaptif di tengah dinamika pandemi ini, termasuk mengadopsi teknologi digital. Tri mencontohkan saat ini teknologi komputasi awan (cloud) berupa Point of Sales sedang disukai karena pelaku usaha bisa memantau penjualan secara aktual.

"Perfoma bisnis bisa dikelola," kata Tri.

Ketika berjualan di platform daring, perhatikan rating untuk menjaga kepercayaan konsumen. Menurutnya, ketika sebuah toko memiliki rating di atas empat bintang dan mendapat ulasan yang bagus, konsumen akan percaya dan mau merekomendasikan toko atau produk ke orang lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement