Jumat 19 Feb 2021 17:14 WIB

UEA Bentuk Satgas Lampu Gantung Masjid Sheikh Zayed

Lampu gantung terbesar berdiameter 10 meter, tinggi 15,5 meter, dan berat 12 ton.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
UEA Bentuk Satgas Lampu Gantung Masjid Sheikh Zayed. Salah satu lampu gantung kristal di Masjid Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab (UEA).
Foto:

"Mereka luar biasa, sangat menakjubkan dan unik. Kami tidak pernah lagi membuat jenis lampu gantung seperti itu. Kristal dibuat khusus untuk lampu gantung ini, itu istimewa, istimewa, istimewa. Dan itu adalah rekor dunia baru. Saya sangat senang dengan hasilnya, dan itu sangat indah," kata Faustig, dilansir dari The National News, Jumat (19/2).

Sedangkan untuk perlengkapan lampu lainnya, dua lampu gantung kecil di aula utama memiliki berat masing-masing delapan ton, berukuran tinggi 12,5 meter dan lebar tujuh meter, dilengkapi dengan 9.500 bola lampu. Ada dua buah lampu lagi yang berdiameter 4,5 meter dan tinggi enam meter dengan berat dua ton dan memiliki 1.200 lampu.

Di tempat lain, dua lampu gantung terkecil berdiameter 3,5 meter dan tinggi lima meter, dengan berat 1,4 ton dan dengan 1.000 bohlam. “Perawatan lampu gantung Masjid Agung Sheikh Zayed dilakukan sebagai bagian dari rencana strategis yang diadopsi oleh SZGMC untuk memastikan generasi mendatang dapat terus menghargai arsitektur masjid yang kaya,” kata Direktur Layanan Dukungan Masjid Agung Sheikh Zayed, Salem Alsuwaidi.

Tempat lilin menerima perhatian khusus tim mengingat signifikansinya dalam meningkatkan keseluruhan desain masjid. Upaya seperti itu sangat penting dalam mempertahankan status ikonik dari landmark yang dalam waktu singkat telah menjadi tujuan utama agama dan budaya.

Menurut sebuah pernyataan, sistem terintegrasi dipasang yang meningkatkan umur operasional unit penerangan, mengurangi konsumsi energi dan menurunkan emisi termal. Bola lampu juga ditingkatkan dengan pencahayaan LED yang dirancang khusus dari Republik Ceko.

Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed membutuhkan waktu 11 tahun. Masjid ini adalah salah satu atraksi paling populer di Abu Dhabi dan pada 2019 mengklaim tempat ketiga dalam daftar 10 landmark teratas di dunia, menurut TripAdvisor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement