Rabu 24 Feb 2021 12:42 WIB

Permintaan Bantuan Muslim London Meningkat Dua Kali Lipat

Bantuan yang diberikan akan membuat perbedaan besar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Muslim Inggris
Foto: Nottinghampost
Muslim Inggris

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sebuah badan amal di London yang memberikan hibah atau bantuan kepada umat Islam, menjadi saksi meningkatnya permintaan lebih dari dua kali lipat, selama pandemi Covid-19 berlangsung setahun terakhir.

National Zakat Foundation (NZF) menerima 19.244 permintaan untuk dukungan keuangan pada tahun 2020. Angka ini naik lebih dari 2,5 kali lipat dari 7.348 aplikasi pada tahun 2019.

Dilansir di Belfast Telegraph, Rabu (24/2), lembaga ini juga telah mendistribusikan bantuan tunai senilai 3,8 juta poundsterling atau setara Rp 75,5 miliar selama satu tahun terakhir. Bantuan berbentuk hibah ini meningkat 27 persen dari tahun 2019, yakni hanya 2,9 juta poundsterling Rp 57,6 juta.

Dari aplikasi atau permintaan yang diterima NZF tahun lalu, 11.740 atau 61 persennya berasal dari pencari suaka. Pada akhir tahun 2020 permintaan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Badan amal itu rata-rata menerima lebih dari 70 permintaan sehari, naik sejak 15 hari sebelum aturan penguncian pertama.

NZF sendiri memberikan bantuan atau hibah yang berasal dari Zakat. Zakat merupakan harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Biasanya, sebagian besar zakat diberikan pada bulan Ramadhan. Namun dengan kondisi yang ada saat ini, NZF segera mencari dana lainnya untuk memastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Islamic Relief pun berkontribusi dengan memberi bantuan dana kepada NZF sebesar 200.000 poundsterling atau Rp 3,9 miliar. Bantuan diberikan untuk membantu lembaga ini memenuhi permintaan yang meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement