Kamis 25 Feb 2021 15:06 WIB

Hammam Muslim Berusia 800 Tahun Ditemukan di Bar Spanyol

Penemuan Hammam sama sekali tidak terduga

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Hammam abad ke-12 yang ditemukan di Sevilla Spanyol
Foto: Daily Sabah
Hammam abad ke-12 yang ditemukan di Sevilla Spanyol

IHRAM.CO.ID, SEVILLA – Pemilik sebuah bar di Sevilla, Spanyol mengejutkan orang-orang saat dia mulai merenovasi bar miliknya karena menemukan hammam abad ke-12. Dindingnya ditutupi dengan lukisan indah.

“Penemuan tersebut sama sekali tidak terduga,” kata Arkeolog. Alvaro Jimenez yang ditugaskan untuk memantau semua pekerjaan renovasi.

Secara total, para petugas menemukan 88 skylight yang berbentuk bintang dan segi delapan di atap bar bergaya Moor dengan dinding keramik. Para petugas juga menemukan karya seni indah di dinding ruangan yang berukuran 200 meter persegi dan kamar bekas hammam.

Mereka terkejut, meski sudah berusia 800 tahun, pemandian air panas, karya seni, patung, dan perlengkapan dinding masih dalam kondisi sempurna. Ini karena karya arsitek awal abad ke-20 bernama Vicente Traver yang dengan hati-hati menyembunyikannya saat memasang dua lantai tambahan.

“Kami mengira arsitek telah menghancurkannya tetapi kami menyadari sekarang dia menyimpannya. Dia menyimpan apa yang dia temukan dan melestarikannya untuk masa depan,” ujar Jimenez kepada Agence France-Presse (AFP).

Dilansir Daily Sabah, Kamis (25/2), ditaklukkan oleh Dinasti Almohad pada tahun 1147, Seville adalah salah satu dari dua ibu kota kerajaan di samping Marrakesh, yang sekarang disebut Maroko. Katedral Seville dibangun di atas sisa-sisa masjid Almohad Aljama yang pembangunannya dimulai pada 1172 dan diresmikan pada 1198 dengan menaranya La Giralda.

“Pemandian ini terletak di bagian selatan kota yang diubah oleh Almohad menjadi pusat politik, agama, dan ekonomi mereka,” kata dia.

Sekarang terlihat di atas ubin bar adalah dinding hiasan dan lengkungan putih berukir. Bar telah menjadi museum hidup tempat untuk merefleksikan karya seni dan arsitektur Islam seperti yang dilakukan penduduk kota delapan abad lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement