Kamis 25 Feb 2021 19:31 WIB

Asosiasi Islam Kamloops Ingin Masjid Aisyah Direlokasi

Upaya untuk menemukan lokasi yang cocok untuk merelokasi sudah bertahun

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Salah satu masjid di Kanada
Salah satu masjid di Kanada

IHRAM.CO.ID, KAMLOOPS -- Asosiasi Islam Kamloops tengah berupaya untuk  merelokasi Masjid Aisyah yang berada di Knutsford, Kamloops, Kanada ke wilayah batas kota. Upaya untuk menemukan lokasi yang cocok untuk merelokasi masjid itu pun sudah bertahun-tahun. Dewan kota Kamloops pun memberikan dukungan kepada asosiasi untuk mencari tempat baru.

Beberapa hari lalu, Asosiasi Islam Kamloops mengadakan pertemuan dengan dewan kota. Mereka memaparkan kendala lokasi masjid Aisyah saat ini sehingga mendesak untuk relokasi. Di antaranya yakni jamaah dan pelajar susah mengakses lokasi itu. Serta ditambah akses mendapatkan air dan saluran pembuangannya menjadi tantangan tersendiri di lokasi yang berada di daerah pedesaan itu. Bahkan Dewan Kota pun mengetahui Masjid kerap mendapatkan peringatan tentang kesehatan air yang digunakan. Sekretaris Asosiasi Islam Kamloops, Muqsit Faruqi mengatakan bahwa selain tantangan tersebut alasan perlunya relokasi karena komunitas Islam telah berkembang.

“Komunitas kami memahami bahwa di tahun 2007 (ketika properti Knutsford dibeli), kami hanya perlu mendirikan masjid dan kami harus memperhatikan sumber keuangan dan sumber daya, karena kami hanya 34 keluarga pada saat itu; Oleh karena itu, kami berakhir (mendirikan masjid) di Knutsford. Namun saat ini, permintaan serta potensi untuk perluasan layanan kami kepada masyarakat luas, telah berubah secara substansial sejak 200," kara Faruqi seperti dilansir Kamloops This Week pada Kamis (25/2).

Faruqi mengatakan komunitas Muslim memiliki dukungan kuat untuk relokasi. Asosiasi Islam Kamloops mengatakan relokasi yang dapat menarik minat mahasiswa Muslim, profesional dan  inklusivitas komunitas Muslim.

“Kami mencoba menawarkan layanan sebaik yang kami bisa, tetapi aksesibilitas menjadi tantangan terbesar,” kata presiden asosiasi Faisal Siddiqui.

Asosiasi Islam Kamloops tidak hanya mencari tempat dalam batas kota, tetapi juga dapat diakses melalui rute transit, memiliki 70 tempat parkir dan dekat dengan universitas, serta lebih disukai di kawasan Sahali atau Southgate. Asosiasi juga telah berbicara dengan dewan kota tentang lokasi potensial, meskipun belum ada yang membuahkan hasil.

“Ini masalah yang sangat penting bagi komunitas kami. Namun, kami berjuang untuk menemukan lokasi potensial di dalam kota selama 17 tahun terakhir ini," kata Faruqi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement