Kamis 18 Mar 2021 15:36 WIB

Korut Enggan Kontak Lagi dengan AS Bahas Nuklir

AS menyatakan opsi diplomatik tersedia jika Korut mau berdialog

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un
Foto:

Pyongyang telah menutup perbatasannya selama lebih dari setahun untuk mencoba melindungi negara sendiri dari pandemi virus korona yang pertama kali muncul di negara tetangga China. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu tetap diam sejak Biden menjabat pada Januari.

Media pemerintah bahkan tidak menyebutkan kepemimpinan baru AS hingga minggu ini. Choe menilai bahwa komentar Blinken di Jepang sangat mengguncang pemerintahannya.

"Kami ingin tahu retorika tidak masuk akal apa yang akan dia buat di Korsel untuk mengejutkan dunia," kata Choe.

Di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump, AS dan Korut telah melakukan pembicaraan terkait denuklirisasi. Perundingan denuklirisasi antara AS dan Korut yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada Februari 2019 berakhir tanpa kesepakatan. Hal itu disebabkan karena kedua belah pihak mempertahankan posisinya tentang penerapan sanksi.

Pada Oktober 2019, AS dan Korut sempat melanjutkan pembicaraan denuklirisasi Semenanjung Korea di Swedia. Korut mengklaim negosiasi tersebut kembali berujung kegagalan. Utusan nuklir Korut Kim Myong-gil mengatakan bahwa negosiasi tersebut belum memenuhi harapan dan akhirnya terhenti kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement