Masjid Nabawi Jadi Tuan Rumah Sholat Tarawih

Senin , 22 Mar 2021, 13:31 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Nabawi dbuka denan aturan yang ketat untuk cegah pandemi corona.
Masjid Nabawi dbuka denan aturan yang ketat untuk cegah pandemi corona.

IHRAM.CO.ID, MADINAH – Otoritas Saudi mengumumkan Masjid Nabawi, Madinah akan menjadi tuan rumah untuk sholat tarawih selama Ramadhan. “Sholat tarawih akan dilakukan di Masjid Nabawi selama bulan suci Ramadhan bersama dengan sholat wajib,” kata Kepala Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh dr. Abdulrahman al-Sudais.

 

Terkait

Masjid Nabawi akan menampung maksimal 60 ribu jamaah. Dia menambahkan, pihak berwenang akan menerapkan tindakan khusus untuk melindungi jamaah dengan intensitas pergerakan pengunjung.

“Musim tahun ini luar biasa. Menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 dengan prosedur kesehatan yang dilakukan,” ujar dia.

Dilansir About Islam, Senin (22/3), para jamaah akan beribadah di Area Hassawaat. Perluasan, atap, dan piazza sesuai dengan rencana pengelompokan berdasarkan kepadatan dan implementasi tindakan pencegahan. Sesuai otoritas Saudi, Masjid Nabawi akan ditutup setengah jam setelah sholat tarawih dan akan dibuka kembali sebelum sholat subuh.

Namun, pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan, masjid akan dibuka sepanjang hari. Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan waktu bagi umat Muslim menjalankan ibadah seperti berpuasa dan ibadah lain yang ekstensif.

Selama Ramadan, umat Islam melakukan upaya khusus untuk membaca dan mempelajari Alquran, melaksanakan sholat selain sholat wajib, dan melaksanakan amal lain. Tarawih, sholat malam ekstra yang dilakukan oleh orang-orang beriman biasanya setelah sholat Isya dan berlangsung dari delapan hingga dua puluh rakaat. Sholat ini membawa kenyamanan spiritual dan psikologis yang luar biasa, terlepas dari upaya fisik dan mental yang diperlukan untuk mempraktikkannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini