Rabu 24 Mar 2021 14:29 WIB

Mesir Siapkan Vaksin Covid-19 untuk Musim Haji 2021

Vaksin Covid-19 yang mencukupi akan disediakan untuk musim haji

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.
Foto: google.com
Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Menteri Kesehatan Mesir, Hala el Zayed, mengatakan dosis vaksin Covid-19 yang mencukupi akan disediakan untuk musim haji tahun ini. Tim misi kesehatan haji akan senantiasa berkoordinasi dengan semua kementerian terkait vaksinasi ini.

Selama konferensi pers dengan Duta Besar China di Mesir, Liao Liqiang, Zayed juga mengatakan vaksin akan diberikan kepada sektor pariwisata dan perbankan. Tujuannya untuk menjamin stabilitas di sektor ekonomi dan menghindari masyarakat kehilangan pekerjaan.

"Dengan kedatangan lebih banyak dosis vaksin, negara akan menyiapkan sektor lain untuk mendapatkan vaksin yang diperlukan," kata Menkes Mesir, Hala el Zayed, dikutip di All Africa, Rabu (24/3).

Dia lalu mengatakan vaksin Covid-19 akan tersedia di lebih dari 500 rumah sakit dan 5.000 unit kesehatan dalam periode mendatang.

 

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan sedang mengupayakan kerja sama dengan perusahaan China, untuk memungkinkan Mesir melakukan uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19.

Di sisi lain, Duta Besar China untuk Mesir mengatakan 17 vaksin dari China telah menjalani uji klinis. Selain itu, sejauh ini 60 negara telah mendapatkan vaksin Covid-19 dari China.

Hingga saat ini, ia mengatakan China telah memasok bantuan vaksin kepada 69 negara berkembang. 10 juta dosis vaksin Covid-19 telah dikirimkan dalam skema berbagi vaksin global COVAX, yang didukung oleh aliansi vaksin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan GAVI.

Di bawah inisiatif ini, vaksin akan diluncurkan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement