Rabu 24 Mar 2021 14:40 WIB

Ketika Hendak Berhaji, Mintalah Doa pada Keluarga & Sahabat

Meminta doa pada keluarga dan sahabat bagian dari adab perjalanan haji.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Ketika Hendak Berhaji, Mintalah Doa pada Keluarga & Sahabat.
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA HANDOUT
Ketika Hendak Berhaji, Mintalah Doa pada Keluarga & Sahabat.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan ibadah haji merupakan perjalanan yang panjang menuju ke Baitullah. Sempurnakanlah ibadah haji dengan menjaga adab-adabnya selama perjalanan. 

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi mengatakan adab melakukan perjalanan ibadah haji adalah berdoa dan minta didoakan keluarga dan para sahabat. "Ketika hendak mulai perjalanan, jumpailah kawan-kawan, sanak saudara yang ada di kampung kita, dan ucapkanlah Al-Wida kepada mereka dan meminta mereka supaya mendoakan kita," kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya dalam kitabnya Fadilah Haji.

Baca Juga

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya mengatakan doa mereka juga mendatangkan kebaikan. Terkait minta didoakan keluarga dan kerabat ini Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila salah seorang diantara kalian hendak bepergian, maka hendaknya ia pergi setelah mengucapkan salam kepada saudara-saudaranya. Doa mereka akan menjadi satu dengan doa kalian, dan menjadi sebab bertambahnya kebaikan".

Syekh Muhammad Zakariyya mengarahkan, pada waktu berpamitan disunahkan membaca doa sebagai berikut. 

"Astaudi’ullaha diinaka wa amaanataka wa khawaatima ‘amalik."

"Aku titipkan kepada Allah pemeliharaan agamamu, amanatmu, dan akhir penutup amalmu." (HR. Abu Dawud)

Pada saat keluar dari pintu rumahku maka pada saat itu ada beberapa doa yang harus dibaca yang diterangkan dalam hadits-hadits Rasulullah. Dalam sebuah hadits disebutkan apabila seseorang membaca doa "Bismilahi tawakaltu alallah la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim."

Ketika membaca doa ini saat keluar dari rumahnya, maka dikatakan kepadanya, "Kamu akan mendapatkan jalan untuk mencapai maksudmu, maka kamu akan dijaga, dan setan jauh darinya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement