Kamis 01 Apr 2021 09:04 WIB

Keutamaan Sholat Dua Rakaat di Maqam Ibrahim

Keutamaan Sholat Dua Rakaat di Maqam Ibrahim.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Sholat Dua Rakaat di Maqam Ibrahim. Foto: Maqam Ibrahim di antara ribuan jamaah yang bertawaf di Masjidil Haram (REUTERS/Ahmed Jadallah)
Foto: REUTERS/Ahmed Jadallah
Keutamaan Sholat Dua Rakaat di Maqam Ibrahim. Foto: Maqam Ibrahim di antara ribuan jamaah yang bertawaf di Masjidil Haram (REUTERS/Ahmed Jadallah)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat di sekitaran Kabah yang musatajab jika berdoa. Banyak keutamaan di maqam Ibrahim jika dapat mengerjakan sunnah-sunah Rasulullah.

Dr Thariq As-Suwaidan dalam bukunya "Misteri Haji dan Umrah" menyarankan agar bisa mendapat keutamaan atau pahala pada Maqam Ibrahim harus melakukan beberapa hal. Di antaranya sholat dua rakaat di belakangnya. Karena itu adalah wujud keteladanan kepada Nabi SAW sebab beliau telah melakukannya.

Baca Juga

"Itu yang dinamakan dengan sholat sunah dua rakaat thawaf," katanya.

Pada rakaat pertama membaca surat al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca surat al-Ikhlas.

Allah telah memerintahkan untuk menjadikannya sebagai tempat sholat.

Hal ini disebutkan dalam firman Allah surat al-baqarah ayat 125 yang artinya dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat sholat.

Hal pertama yang dilakukan oleh Rasulullah tatkala tiba di Makkah adalah berwudhu kemudian tawaf di Ka'bah. Oleh karena itulah, bagi yang ingin meneladani Rasulullah maka hendaknya bersegera melakukan tawaf dan tidak disibukkan oleh banyak urusan lainnya,.

"Sehingga membuatnya mengakhirkan thawaf," katanya.

Jika memasuki Masjidil Haram, maka hendaknya dilakukan dengan penuh khusus ambil bertalbiyah dan mendahulukan kaki kanan seraya membaca doa masuk masjid yang artinya.

"Aku berlindung kepada Allah yang mahaagung dengan segala kemuliaan yang dimilikinya dan kekuasaan yang ada padanya sejak lama, dari segala gangguan syetan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam Semoga tetap tercurah kepada Rasulullah.. Ya Allah ampunilah dosaku dan Bukakanlah pintu rahmatmu untukku.

" Di dalam masjid inilah, hendaknya dia melakukan peribadatan dengan penuh semangat dan berharap rahmat serta ampunan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement