Rabu 14 Apr 2021 19:14 WIB

Desa Saudi Ini Terletak di Atas Kawah Gunung Berapi

Warga desa tinggal di atas kawah sejak berabad-abad lalu hingga 1983.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Desa Saudi Ini Terletak di Atas Kawah Gunung Berapi. Pada 1983, penduduk desa Tabah di sebelah timur Hail menyadari mereka telah tinggal di desa di atas sebuah kawah gunung berapi selama berabad-abad. Desa tersebut terletak di Pegunungan Salma di Arab Saudi bagian utara.
Foto:

Hanya setelah orang-orang mulai menggunakan peralatan pompa air di pertanian barulah terjadi ketidakseimbangan, yang menyebabkan tanah surut untuk menempati kekosongan. Hal itu kemudian menyebabkan getaran.

Menurut ahli geologi, ada kemungkinan melihat tebing tersapu dan kolom stratigrafi di Tabah, yang mengindikasikan terjadinya beberapa letusan gunung berapi berturut-turut. Al-Salamah mengatakan orang-orang Tabah serta orang lain di wilayah itu, kecuali para ahli, tidak menyadari fakta ini sampai sebagian tanahnya ambruk.

Tabah dan sekitarnya merupakan daerah aktivitas vulkanik. Desa Al-Na'i juga berada di puncak gunung berapi Hatimah, dan lingkungan di desa Abdah terdapat kawah vulkanik yang sudah lenyap.

"Kawasan-kawasan ini harus diinvestasikan untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang bermanfaat bagi seluruh wilayah," kata Al-Salamah.

Ia menambahkan, jika fasilitas wisata tersedia, seperti pondok-pondok yang dibangun dari bahan baku yang tersedia di daerah seperti lumpur dan basal, kawasan itu akan menjadi salah satu tempat wisata terpenting di Hail. "Kita harus memperhatikan pentingnya wisata alam di sekitar Pegunungan Salma yang cocok untuk hiking, mendaki gunung, dan paralayang," katanya.

Yang lebih indah di wilayah itu adalah wisata Islam dan sejarah di kota Faid dan Darb Zubaida (Jalan Zubaida). Zubaida, istri dari Khalifah Harun Al-Rashid, telah diabadikan melalui kolam air yang menunjukkan kecerdikan orang Arab dalam teknik dan memanen air hujan.

https://www.arabnews.com/node/1764096/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement