Jumat 23 Apr 2021 14:01 WIB

Menlu China Ingin Pertemuan ASEAN Redakan Ketegangan Myanmar

China akan menjaga komunikasi yang erat dengan ASEAN.

Red: Nur Aini
Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melintas di depan pagar gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021 akan digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta pada Sabtu (24/4) yang akan dihadiri sejumlah kepala negara di kawasan Asia Tenggara.
Foto:

Wang menyatakan, China akan menjaga komunikasi yang erat dengan ASEAN. Beijing pun akan terus menangani pekerjaan apa pun yang terkait dengan Myanmar dengan caranya sendiri.

"Pihak China mengharapkan pertemuan itu menjadi awal yang baik untuk membantu mewujudkan kondisi yang mulus untuk situasi Myanmar," kata Penasihat Pemerintahan China ini.

Pertemuan itu menjadi upaya internasional bersama pertama untuk meredakan krisis di Myanmar.  Acara ini juga merupakan ujian bagi ASEAN yang secara tradisional menahan diri untuk tidak mencampuri urusan internal negara anggota dan beroperasi berdasarkan konsensus.

Wang sudah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Thailand dan Brunei. Kedua negara tersebut merupakan ketua ASEAN saat ini dan yang akan datang.

China sendiri bukan anggota ASEAN, melainkan termasuk dalam ASEAN Plus Three, bersama Jepang dan Korea Selatan. Masih belum jelas kehadiran China dalam pertemuan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement