Senin 26 Apr 2021 14:20 WIB

Pasukan Asing Bersiap Mundur dari Afganistan

Pangkalan militer AS dan sekutu di Afganistan mulai dikosongkan

Pasukan tentara AS di Afganistan
Foto: VOA
Pasukan tentara AS di Afganistan

IHRAM.CO.ID, KABUL – Pasukan asing di Afganistan mulai bersiap mundur. Pangkalan militer di negara tersbeut mulai dikosongkan. Pasukan AS dan sekutu akan menyerahkan semua pangkalan militer kepada tentara Afganistan.

"Semua pasukan kita sekarang bersiap mundur. Resminya hari pemberitahuan 1 Mei tapi di saat yang sama kita mulai mengambil tindakan lokal, kita sudah memulainya," kata Komandan tertinggi Amerika Serikat (AS) di Afghanistan Jenderal Scott Miller pada Ahad (25/4), dikutip laman Anadolu Agency.

Miller pun menyoroti meningkatnya serangan teror kelompok taliban. Ia menilai hal tersebut dapat meninggalkan dampak negatif pada proses perdamaian Afganistan.  

“Taliban harus mengurangi kekerasan,” ujarnya.

Presiden AS Joe Biden telah resmi mengumumkan penarikan seluruh pasukan AS dari Afghanistan. Pemulangan total bakal berlangsung pada 11 September mendatang, bertepatan dengan peringatan 20 tahun serangan World Trade Center.

Pengerahan pasukan asing ke Afghanistan dimulai pada 7 Oktober 2001. Kala itu Inggris dan AS meluncurkan Operation Enduring Freedom. Mereka bergabung dengan sekitar 43 sekutu dan mitra NATO setelah Pasukan Bantuan Keamanan Internasional resmi PBB pada 20 Desember 2001.

Saat ini, terdapat total 9.592 tentara dari 36 negara yang ditempatkan di Afghanistan. AS berada di puncak daftar dengan 2.500 tentara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement