Selasa 27 Apr 2021 17:06 WIB

Mengenal Kejeniusan Al Jazari

Melalui bukunya Al Jazari berbagi pengetahuan dengan semua pembacanya.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Al Jazari

Dari ratusan itu, sekitar delapan puluh adalah "trik perangkat," mengacu pada wadah yang berisi mekanisme trik unik, beberapa di antaranya telah dikenal sejak zaman dahulu.

Ismail al-Jazari bukanlah seorang penemu dalam pengertian tradisional, melainkan seorang insinyur praktis yang memiliki keterampilan untuk memahami pendekatan kompleks yang diperlukan dalam membangun perangkat unik ini.

Bukunya menjadi salah satu buku terlaris di abad pertengahan, karena banyak salinan dan manuskripnya. Terlebih lagi, dalam buku tersebut terdapat tambahan tentang bagaimana perangkat tersebut dibuat, sehingga melalui bukunya al-Jazari berbagi pengetahuan dengan semua pembacanya. 

Orang-orang saat ini sering mengabaikan kejeniusan Ismail al-Jazari, dan betapa canggih penemuannya, berabad-abad lebih awal dari zaman mereka. Sebagai seorang insinyur dan penemu, Al-Jazari memiliki kemampuan untuk mengamati dan memahami dengan terampil cara kerja beberapa prinsip dasar alam, yang kemudian ia menggabungkan ke dalam desainnya sendiri.

Berkat kejeniusannya, Al-Jazari berhasil menemukan penggunaan air dan penggunaan camshafts (noken as). Camshaft adalah objek berputar dengan cams runcing khusus, yang mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan timbal balik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement