Jumat 30 Apr 2021 14:57 WIB

Muslim Kanada Membuat Panduan Ramadhan di Media Sosial

Panduan ini akan membantu orang memahami bulan suci umat Islam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Muslim di Kanada
Foto: nytimes.com
Muslim di Kanada

IHRAM.CO.ID, KANADA -- Seorang wanita Muslim Kanada menggunakan media sosial untuk menyebarkan kebaikan selama bulan suci Ramadhan dan membantu Muslim merayakannya melalui kampanye #MonthOfGood di Facebook dan Instagram.

"#MonthOfGood adalah inisiatif yang dimulai Facebook, dan pada dasarnya, ini untuk merayakan bulan Ramadhan. Yang merupakan bulan paling suci dalam setahun bagi umat Islam," kata pembuat media sosial Sara Sabry yang berbasis di Montreal, Kanada dilansir dari About Islam, Kamis (28/4).

“Idenya hanya untuk menyebarkan kebaikan dan melakukan tindakan amal, atau hanya bersikap baik kepada tetangga Anda, apapun itu.  Sejujurnya ini hanya sebulan menyebarkan kebaikan, seperti namanya,” tambahnya.

Sara yang merupakan keturunan Mesir-Kanada ini telah bekerja sama dengan Instagram untuk membuat The Ultimate Guide to Ramadan.  Ini akan membantu orang memahami bulan suci umat Islam.

 

“Kami benar-benar memulai percakapan ini di platform Facebook dan hal-hal seperti itu, mendorong orang untuk melakukan hal-hal kecil yang baik,” ujarnya.

“Bisa seperti mentraktir seseorang berbuka puasa, yang merupakan buka puasa, atau bisa juga seperti memberi tip tambahan kepada pengantar.  Apalagi dengan pandemi, kita harus kreatif melakukan tindakan kebaikan tanpa benar-benar bertatap muka,” tambahnya.

Tumbuh di Kanada, Sara biasa bertemu dengan orang-orang yang tidak dikenal saat bulan puasa. yang melakukan kebaikan. Dan saat ini dia sedang bekerja untuk meneruskan kebiasaan kebaikan Ramadhan di tengah pandemi ini.

“Ramadhan adalah bulan di mana Muslim berpuasa dari senja hingga fajar, dan mereka berpuasa dari makanan dan air. Ini adalah waktu keterhubungan virtual, ini adalah saat detoksifikasi, dan semacam pemurnian jiwa dengan cara tertentu. Jadi seperti itulah satu bulan dalam setahun yang sangat dinantikan umat Islam,” katanya.

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam Hijriah. Pada bulan ini juga Umat Muslim memperingati wahyu pertama Alquran kepada Nabi Muhammad. Dari fajar hingga matahari terbenam, umat Islam menahan diri dari makanan, minuman, merokok, dan melakukan hubungan seksual.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement