Rabu 05 May 2021 17:25 WIB

KBIHU Salman ITB Gelar Silaturahim dengan Alumni

Alumni berkomitmen dalam pengumpulan wakaf untuk pembangunan RS Salman Hospital.

Rep:  Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Silaturahmi Alumni Haji & Umroh KBIHU Salman ITB
Foto: Istimewa
Silaturahmi Alumni Haji & Umroh KBIHU Salman ITB

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah umat Muslim dengan merawat habluminallah (hubungan hamba dengan Allah SWT) dan habluminannas (hubungan sesama manusia). Momen ramadhan ini pun, digunakan banyak muslim untuk mendekatkan saudara-saudara yang jauh dan sudah lama tak bertegur sapa agar menjadi dekat. 

Inilah momen yang ditangkap oleh Wakaf Salman ITB dan KBIHU Salman ITB untuk mengadakan acara silaturahmi bagi para alumni Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh (KBIHU) Salman ITB.

Acara "Silaturahmi Alumni Haji & Umroh KBIHU Salman ITB" dilaksanakan pada akhir pekan lalu. Acara tersebut, dihadiri oleh Prof Suwarno selaku Ketua Umum Yayasan Pembina Masjid Salman ITB, Dr KH Asep Zaenal Ausop MAg serta segenap pengurus dan pembimbing KBIHU Salman ITB. 

Tema acara silaturahmi ini adalah “Menyambut 10 Malam Terakhir Ramadhan dengan Amalan Terbaik”. Jalannya acara silaturahmi ini bisa disaksikan kembali di kanal YouTube Wakaf Salman ITB.

Menurut Direktur Wakaf Salman M Khirzan N Noeman, tidak sekedar berkumpul dan bernostalgia, acara yang dihadiri sekitar 200 orang tersebut juga menjadi wadah yang positif. Seluruh alumni haji dan umroh telah bersepakat memulai kebaikan bersama-sama. 

"Aksi tersebut berupa komitmen bersama dalam pengumpulan wakaf untuk pembangunan RS Salman Hospital. Pengumpulan wakaf telah dilakukan sejak awal bulan Ramadhan 1442 Hijriah," katanya.

Khirzan menjelaskan, pembangunan RS Salman Hospital telah diawali oleh YPM Salman ITB sejak tahun 2016 yang dimulai dari pembebasan lahan melalui dana wakaf. Terletak di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, RS Salman Hospital direncanakan menjadi rumah sakit kelas C dengan pelayanan kesehatan syariah untuk masyarakat. 

Pembangunan rumah sakit ini, kata dia, dilatarbelakangi karena masih minimnya fasilitas kesehatan yang memadai di Kabupaten Bandung dan sekitarnya. 

"Alhamdulillah saat ini telah berdiri Masjid Salman Rasidi di dalam Kompleks RS Salman Hospital yang mulai melayani ibadah masyarakat di sana. Insya Allah tahun ini pembangunan RS Salman Hospital ditargetkan untuk segera mulai groundbreaking," paparnya.

Akhirnya, acara ini dapat terselenggara atas kerja sama Wakaf Salman ITB dengan KBIHU Salman ITB, para donatur dan pewakif, serta rekan-rekan media. Demi kebermanfaatan yang lebih luas, 

Menurutnya, Wakaf Salman mengajak seluruh masyarakat untuk ikut membantu sesama. Salah satunya, dengan berwakaf dan berdonasi untuk berbagai program di Wakaf Salman yang akan disalurkan kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan bersama. 

"Mari kita bantu agar seluruh saudara kita dapat merasakan kebahagiaan yang datang dari kebaikan-kebaikan sederhana yang kita lakukan. Kita mulai dari diri sendiri, kelompok kecil, lalu terus membesar hingga akhirnya seluruh orang bisa saling tolong menolong," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement