Jumat 14 May 2021 05:01 WIB

Komunis Hilangkan Takbiran, Coca-cola Singkirkan Air Mawar

Lebaran di Balkan: Ketika Komunis Hilangkan Takbir, Coca-cola Singkirkan Air Mawar

Takbiran di Masjid di wilayah Balkan kala musim pandemi Covid-19.
Foto:

Lalu apa yang khas dari makanan 'wajib' di hari lebaran di kalangan Muslim Balkan? Edin mengatakan ada yakni kue 'Baklava' atau di Balkan disebut 'Burnt,

''Kue ini mirip dengan Baklavanya Turki. Tapi beda dalam isinya, yakni jenis kacangnya. Dan keduanya sama saja. Burnt juga manis sekali,'' ucapnya.

Basque Burnt Cheesecake Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Keterangan foto: Kue Burnt.

Sedangkan untuk libur lebaran, pada zaman Yugoslavia yang komunis tidak ada. Dan tak hanya Islam saja, semua libur terkait perayaan agama juga ditiadakan.

''Untuk hari ini misalnya di Serbia di sana ada libur satu hari di Idul Fitri. Ini pun khusus untuk warga Muslim saja. Tidak semua orang libur kala itu.Jadi Baklava di Balkan adalah makanan wajib seperti ketupat di hari lebaran di Indonesia."

Dan Edin mengakui, bila mengenang masa Ramadhan dan lebaran di kampungnya yang ada di semenajanung Balkan (kota Prijepole itu ada diperbatasan Serbia dan Bosnia), ada perasaan rindu yang luar biasa. Apalagi bila teringat kerabatnya, baik yang masih di sana atau yang tinggal menyebar di berbagai belahan dunia.

''Saudara kami tersebar dari Amerika, Eropa, Asia, hingga Australia. Penyebaran ini akibat dari perang di tahun 1990-an dahulu. Kami kangen ketemu. Tapi, tampaknya sudah nasib kami yang hidup terpencar-pencar,'' tandasnya.

Akhirnya: Ramazan Bajram Serif Mubarek Olsun...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement