Jumat 21 May 2021 13:33 WIB

Biden Janjikan Bantuan Kemanusiaan dan Rekonstruksi Gaza

Biden menjanjikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi untuk Gaza.

Rep: Fergie Nadira/ Red: Agung Sasongko
Pengunjuk rasa yang mendukung warga Palestina berjalan di Michigan Ave., ketika Presiden Joe Biden mengunjungi pusat kendaraan listrik Ford di dekatnya, Selasa, 18 Mei 2021
Foto:

Perjanjian gencatan senjata tersebut menyusul aktivitas diplomatik yang intens selama berhari-hari yang memberikan ujian terhadap kemampuan Biden dan para pembantu keamanan nasionalnya untuk membantu menyelesaikan konflik yang bisa berubah menjadi perang yang berkepanjangan.

Selama negosiasi, Biden berbicara dengan dua pemimpin yang memiliki hubungan tegang dengannya - enam kali dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, termasuk dua kali pada Kamis, dan satu kali dengan Presiden Mesir Abel Fattah al-Sisi.

Baik Netanyahu dan Sisi dekat dengan Donald Trump. Biden menunggu berminggu-minggu untuk menelepon Netanyahu setelah menjabat sebagai presiden AS.Panggilan teleponnya dengan Sisi pada Kamis adalah pertama kalinya mereka berbicara sejak Biden menjabat pada Januari.

Mesir, yang memiliki perjanjian perdamaian dan hubungan diplomatik dengan Israel dan juga memelihara kontak dengan Hamas, secara tradisional memainkan peran kunci dalam memadamkan pertempuran Gaza.Tidak adanya komunikasi langsung antara kedua presiden hingga saat ini telah secara luas dilihat sebagai penghinaan Sisi oleh pemerintahan baru yang telah memperjelas kekhawatirannya tentang catatan hak asasi manusia Mesir.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement