Kalsel Tetap Siapkan Calhaj Meski Keberangkatan Belum Jelas 

Senin , 24 May 2021, 19:43 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Kalsel melakukan persiapan dari dokumentasi hingga vaksinasi calhaj. Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.
Kalsel melakukan persiapan dari dokumentasi hingga vaksinasi calhaj. Jamaah haji wukuf di Arafah selama pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN— Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan memastikan tetap menyiapkan calon jamaah haji (calhaj) meski keberangkatan haji 2021 belum jelas karena pandemi Covid-19 yang juga belum berakhir.

 

Terkait

Kabid Pengelolaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenang Kalsel, H Rusbandi, di Banjarmasin, Senin (24/5), menyatakan sebagaimana sudah diketahui Pemerintah Arab Saudi tetap melaksanakan penyelenggaraan haji 2021 ini.

Baca Juga

Namun, lanjut dia, untuk kuota haji bagi Indonesia tahun ini yang belum ada. "Berapa jumlah calhaj dari negara kita yang akan diberi kuota haji oleh Arab Saudi, ini yang belum ada hingga kini," katanya didampingi Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenang Kalsel, H Nofirman.

Meski belum jelas, pihaknya tetap mempersiapkan penyelenggaraan keberangkatan haji tahun 2021, baik calhaj hingga dokumen pendukungnya.

"Jika sampai mendadak ibaratnya, yaitu tetapkan berangkat tahun ini, kita sudah siap," katanya.

Menurut dia calhaj yang dipersiapkan tentunya yang diprioritaskan adalah haji tunda 2020. "Jadi paspor mereka kita sudah kumpulkan, termasuk juga sertifikat vaksin meningitis, juga kalau yang sudah bervaksin Covid-19," katanya.

Menurut dia untuk vaksinasi Covid-19 bagi calhaj Kalsel yang masuk antrean keberangkatan pihaknya sudah menginformasikankepada kabupaten/kota untuk dilakukan."Kiranya semua daerah sudah melaksanakan vaksinasi bagi calon jamaah haji ini," katanya.

Dia mengimbau kepada semua calhaj untuk bisa sabar menunggu keberangkatan, karena pandemi covid-19 yang masih berlangsung ini sehingga semua menjadi kurang jelas. "Halangan terbesar saat ini kan pandemi covid-19, semoga cepat berakhir musibah ini," katanya.

Ditegaskan jika seorang Muslim sudah berniat berangkat haji, namun di perjalanannya ada halangan, baik umur ataupun apa, maka hal itu dicatat Allah SWT sudah sampai melaksanakan ibadah tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini