Empat Tujuan Strategis KUA Menurut Menag

Senin , 31 May 2021, 17:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Pelaksanaan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).
Pelaksanaan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) akan menggerakkan moderasi beragama. Harapannya potensi konflik keagamaan bisa segera diantisipasi.

 

Terkait

"Selain itu KUA juga sebagai social engineer dan penggerak moderasi beragama di tingkat kecamatan," ujar Menteri Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (31/5).

Baca Juga

Yaqut mengatakan fungsi KUA kini tidak hanya sekadar tempat pencatat pernikahan saja. Akan tetapi, sebagai pusat data keagamaan dan unit layanan langsung di tingkat kecamatan.

Ia juga akan mengubah wajah KUA yang saat ini kerap diidentikkan hanya melayani umat Islam saja, tetapi wajib mengakomodir segala kebutuhan dan keperluan seluruh umat beragama di Indonesia.

"Saya selalu menyampaikan bawah Kemenag adalah Kementerian Agama yang ada di Indonesia. Jadi bukan hanya Kementerian satu agama. Karena KUA adalah etalasenya, maka ke depan saya berharap kita akan bersama-sama mewujudkan KUA bukan hanya melayani umat Islam saja tapi semua umat beragama yang ada di Indonesia," ujar Yaqut.