20 Ribu Wanita Saudi Terdaftar Dalam Program Wusool

Jumat , 11 Jun 2021, 14:28 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Suhailah, sopir taksi perempuan pertama Saudi tengah bekerja melayani penumpang.
Suhailah, sopir taksi perempuan pertama Saudi tengah bekerja melayani penumpang.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Sebanyak 20 ribu karyawan wanita Saudi telah terdaftar di program transportasi untuk wanita pekerja, Wusool, dari November 2020 hingga Mei tahun ini. Angka ini merupakan capaian baru setelah dilakukan perubahan mekanisme dan persyaratan program tahun lalu.

 

Terkait

Dilansir dari Saudi Gazette, program yang berafiliasi dengan Dana Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRDF) ini bertujuan untuk menemukan solusi yang mengurangi beban biaya transportasi bagi pekerja perempuan Saudi di sektor swasta.

Menurut HRDF, hal itu disebabkan adanya perubahan program untuk menampung banyak pelamar serta untuk memudahkan prosedur pendaftaran.  Amandemen tersebut mencakup perpanjangan periode dukungan program menjadi dua tahun yang selama in berlangsung satu tahun.

Layanan ini disediakan melalui perusahaan yang dilisensikan oleh Kementerian Perhubungan untuk memastikan tingkat keamanan tertinggi. Program Wusool mencakup 13 wilayah di seluruh Kerajaan.  Karyawan wanita dapat mendaftar dalam program ini melalui website yang disediakan.

Di bawah program Wusool, wanita dapat menerima diskon 80 persen untuk biaya setiap perjalanan ke tempat kerja.  Plafon dukungan ditingkatkan menjadi SR1,100 atau Rp 4,1 juta sebulan untuk mereka yang memiliki upah bulanan tidak melebihi SR6.000 (Rp 22 juta) dan SR800 (Rp 3 juta) untuk pekerja yang berpenghasilan antara SR6.001 (Rp 22,7 juta) dan SR8.000 (Rp 30 juta).

Skema ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi perempuan di pasar tenaga kerja dan memberikan stabilitas pekerjaan, mencakup 13 wilayah Kerajaan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini